Ilustrasi new normal. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

5 Tahap Menuju New Normal

Nasional 11 June 2020 13:56 WIB

New normal tidak bisa dilaksanakan secara tiba-tiba tanpa persiapan. Sebelum menuju new normal, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTTPC19), Prof. Wiku Adisasmito menyebut, setidaknya ada lima tahapan yang harus diperhatikan oleh daerah yang sedang menuju new normal.

Tahap pertama, yakni prakondisi, di mana setiap wilayah perlu memberikan informasi mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19 yang holistik, secara jelas dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Kemudian, tahap kedua adalah timing. Tahapan ini yang menentukan kapan suatu daerah dapat memulai aktivasi sosial ekonomi dengan memperhatikan data epidemiologi, tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan, kesiapan organisasi dan manajemen di daerah, serta memastikan kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan.

“Tahap ketiga adalah prioritas. Tahapan ini dilakukan untuk memilih daerah atau sektor yang dapat dipulihkan kegiatan sosial-ekonomi secara bertahap, dengan dilakukan simulasi agar kegiatan tersebut dapat berkelanjutan,” tambahnya.

Tahap selanjutnya, yaitu koordinasi pusat dan daerah. Di tahapan ini, akan terjadi konsultasi timbal balik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang sinergis dalam pengambilan keputusan.

Sedangkan untuk tahap kelima, adalah monitoring dan evaluasi, di mana pemerintah setempat perlu melakukan pengawasan, pengendalian, serta evaluasi dari pelaksanaan maupun pemulihan aktivitas sosial-ekonomi.

Grafis Fa VidhiNgopibarengid(Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 23:15 WIB

10 Hari Lagi Rumput Standar FIFA untuk GBT Datang

Surabaya

Pemkot Surabaya sedang mempercepat pengerjaan renovasi GBT

07 Aug 2020 23:05 WIB

Dilarang Dangdutan di Kampanye Terbuka Pilkada 2020

Nasional

Peserta Pilkada 2020 terancam didiskualifikasi jika melanggar aturan.

07 Aug 2020 22:45 WIB

Sanchez Sindir MU Setelah Dipermanenkan Inter Milan

Liga Italy

Alexis Sanchez merasa diterima dengan baik sejak awal di Inter

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...