5 Syarat Datang ke Open House Presiden

05 Jun 2019 08:00 Serba-Serbi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menggelar open house Lebaran untuk masyarakat di Istana Negara, Jakarta. Kasetpres Heru Budi Hartono mengungkapkan, open house berlangsung di Istana Negara dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

"Open house dibuka untuk masyarakat. Pak Presiden ada acara berikutnya, jadi mungkin paling lambat (open house) pukul 12.00 WIB atau 12.30 WIB sudah selesai," kata Heru.

Sebelum bersilaturahmi dengan masyarakat, Jokowi terlebih dahulu akan berhalalbihalal dengan JK dan istri, Mufidah Jusuf Kalla, para Ketua Lembaga Negara, para menteri Kabinet Kerja, para duta besar negara sahabat, pejabat negara lainnya pada pukul 09.00 WIB sampai 09.30 WIB.

Berikut yang perlu diperhatikan masyarakat yang hendak hadir di acara open house presiden dan wakilnya.

1. Kumpul di Monas sebelum pukul 10.00 WIB

Masyarakat yang hendak masuk ke Istana untuk menghadiri open house Jokowi-JK diwajibkan datang ke Monas untuk menjalani pemeriksaan oleh Paspampres terlebih dahulu. Nantinya dari Monas masyarakat akan diantar ke Istana Negara menggunakan bus yang telah disediakan.

"Masyarakat yang mau ikut open house itu kami kumpulkan di Monas. Di sana sterilisasi, baru secara bertahap diangkut atau dibawa dengan kendaraan menuju Istana, kami sewa 10-15 bus ukuran 3/4 untuk hilir mudik peserta," jelas Heru.

2. Berpakaian rapi

Masyarakat yang hendak hadir di acara open house diwajibkan mengenakan pakaian rapi. Namun, Heru tidak merinci pakaian rapi yang dimaksud. "Pakaiannya yang rapi bersih, masyarakat pasti paham," kata Heru.

3. Tidak membawa tas besar dan banyak barang bawaan

Untuk mempermudah pemeriksaan dan proses sterilisasi, Heru meminta warga tidak membawa tas besar dan banyak barang bawaan. "Diimbau tidak membawa barang-barang yang besar, tidak bawa ransel, ya cukup bawa tas kecil. Kalau laki-laki mah nggak usah bawa apa-apa, untuk mempermudah dan mempercepat sterilisasi serta kenyamanan bersama," tuturnya.

4. Open House sampai pukul 12.30 WIB

Acara open house Jokowi untuk masyarakat hanya berlangsung hingga pukul 12.30 WIB. Untuk itu, masyarakat diminta datang lebih awal. "Kami tutup batasnya jam 12.30 WIB," tegas Heru.

5. Tidak perlu membawa makanan dan minuman

Pihak Istana juga sudah menyiapkan tenda bagi warga yang datang ke open house. Warga akan disuguhi makanan ringan saat menunggu.

"Pada saat menanti antrean untuk bersalaman dengan Kepala Negara, masyarakat akan menunggu di tenda-tenda yang telah disediakan. Di masing-masing tenda tersebut juga telah disiapkan makanan ringan dan minuman yang disajikan untuk masyarakat," tutur Heru.

"Minuman dan makanan ringan kami siapkan, setelah salaman dengan Bapak Presiden disiapkan sarapan pagi, jadi kalau bisa bawa badan aja deh. Jadi makin cepat sterilisasi makin banyak yang bisa diterima oleh Presiden dan tentu pakaiannya yang rapi bersih, masyarakat pasti paham," lanjutnya.

Pihak Istana juga menyediakan hiburan buat masyarakat yang datang ke open house. Ada juga boot foto untuk foto yang disediakan. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini