Pasangan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. (Foto: Instagram)

5 Publik Figur, dari Ulama hingga Nia Ramadhani Ditahan Imigrasi

Selebriti 24 November 2019 22:49 WIB

Ustadz Riza Muhammad  baru saja mendapat pengalaman yang tidak menyenangkan. Diketahui, ia melakukan perjalanan ke Hong Kong demi menghadiri undangan acara bertema Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Sabtu 23 November 2019 pagi.

Namun sayangnya, pendakwah ini justru dilarang keluar dari bandara. Penahanan tersebut dilakukan pihak imigrasi selama 7 jam di ruang isolasi. Anehnya, asisten Ustadz Riza Muhammad justru tak ditahan pihak imigrasi.

Rupanya, tak hanya Ustadz Riza Muhammad yang tersandung masalah di bandara. Berikut ini 5 publik figur yang pernah ditahan imigrasi bandara di luar negeri.

1. Ustadz Abdul Somad (UAS)

Sebelum menimpa Ustaz Riza Muhammad, hal serupa pernah dialami oleh Ustaz Abdul Somad pada 2017 silam. Saat ditahan di imigrasi, Ustaz Abdul Somad menjalani pemeriksaan di sebuah ruangan dan digeledah mulai dari tas, dompet, uang yang dibawa hingga ponsel pribadinya.

Kemudian tanpa alasan yang jelas, Hong Kong mengatakan tidak bisa menerima Ustaz Abdul Somad. Akhirnya ia harus rela batal mengisi acara di Hong Kong, lalu diterbangkan kembali ke Tanah Air.

2. Ustadz Solmed

Ustadz Soleh Mahmud atau yang akrab disapa Solmed ini sempat ditahan pihak imigrasi Singapura di Bandara Changi, pada 2017 silam.

Penahanan Ustadz Solmed berlangsung selama enam jam, ia mengungkapkan bahwa dirinya dikunci di sebuah ruangan sendirian.

Ustadz Solmed merasa kehilangan materi berupa tiket penerbangan yang hangus serta jadwal ceramah yang dibatalkan. Selain materi, ia juga mengungkapkan bahwa kerugian yang paling terasa adalah psikis.

3. Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie

Pengalaman yang kurang menyenangkan ini juga pernah menimpa Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. Pasangan yang dikenal kerap berlibur ke luar negeri ini sempat merasakan ditahan oleh petugas imigrasi.

Pada 2018 lalu, Nia Ramadhani dan Ardi Bakri tengah melakukan perjalanan ke Selandia Baru. Namun, keduanya malah ditahan oleh petugas imigrasi Selandia Baru. Nia Ramadhani dan sang suami sempat ditahan karena kedapatan membawa makanan khas Indonesia, yaitu sambal.

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie pun harus merelakan makanan tersebut disita oleh petugas, lalu melanjutkan perjalanan.

4. Opick 'Tombo Ati'

Penyanyi religi, Opick sempat mengalami kejadian yang tidak menyenangkan di bandara. Pada bulan Februari lalu saat bulan madu dengan sang istri, paspor Opick sempat tertahan di imigrasi Palestina.

Kabar tersebut dikabarkan sang istri, Bebi Silvana melalui unggahannya di Instagram. Ia menyebut paspor milik penyanyi Tombo Ati itu sempat tertahan di imigrasi Palestina dengan alasan yang tidak disebutkan. Namun, kejadian tersebut tak terjadi lama, beruntungnya Opick dan Bebi Silvana tetap bisa memasuki negeri Palestina.

5. Cak Percil dan Cak Yudo

Dua pelawak Indonesia Deni Afriandi alias Cak Percil dan Yudo Prasetyo alias Cak Yudo sempat ditahan imigrasi Hong Kong. Keduanya telah menjalani masa tahanan selama beberapa pekan sebelum vonis, sehingga akhirnya bisa bebas pada 7 Maret 2018.

Keduanya dijatuhi hukuman pidana penjara enam minggu dengan masa percobaan 18 bulan oleh hakim di Pengadilan Shatin, Hong Kong, karena dianggap menyalahgunakan visa kunjungan. Sebelumnya, dua pelawak itu telah menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Shatin, Hong Kong.

Keduanya diduga telah melanggar UU Imigrasi Hong Kong dengan tampil melawak di sebuah acara dan menerima bayaran dengan hanya berbekal visa turis, bukan visa pekerja.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 18:30 WIB

Dihadapan Polisi Gilang Ngaku Suka Lihat Orang Terbungkus

Kriminalitas

Gilang mengaku suka sama sejenis.

07 Aug 2020 16:46 WIB

HP Disita, Polisi akan Bongkar Isi HP Gilang

Kriminalitas

Pelaku fetish kain jarik ditangkap.

02 Aug 2020 17:22 WIB

KBS Terapkan Aturan Baru, Ada Hal yang Bikin Kecewa Pengunjung

Feature

Tak semua pengunjung bisa memahami aturan baru masuk KBS.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...