5 Partai Ramai-ramai Promosi Jagoan untuk Bursa Ketua MPR

25 Jul 2019 14:50 Politik

Posisi Ketua MPR prestise dan wajar diperebutkan. Lima partai politik parlemen periode 2019-2024 secara terang-terangan menyebut kandidat calon Ketua MPR. Lima partai yang menginginkan jabatan tersebut ialah Golkar, PKB, PPP, Gerindra, dan PDIP. Demokrat masih malu-malu bicara soal calon Ketua MPR.

Berikut ini nama-nama calon Ketua MPR dari lima partai politik tersebut:

1. Golkar

Ketua Bidang PP Sumatera IV Bobby Adityo Rizaldi menyatakan banyak kader utama Golkar yang lolos kembali ke parlemen 2019-2024, layak diajukan sebagai calon Ketua MPR.

"Ada Pak Sekjen Lodewijk (Lodewijk Freidrich Paulus), Pak Azis Syamsuddin, Pak Bambang Soesatyo, Pak Zainuddin Amali, Pak Muhidin, dan Pak Ridwan Hisjam adalah beberapa tokoh Golkar yang terpilih 2019-2024 saat ini menonjol di antara kader-kader senior lainnya," terang Bobby.

2. PKB

Sedari awal PKB menginginkan kursi ketua MPR. Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan ingin menjabat ketua MPR periode mendatang. "PKB hanya mengajukan Cak Imin karena memang saat ini Cak Imin sebagai kader terbaik sekaligus mewakili NU sebagai penjaga konstitusi," kata Wasekjen PKB Daniel Johan.

3. PPP

PPP punya dua kandidat untuk posisi Ketua MPR. Mereka adalah Sekjen PPP Arsul Sani dan Waketum PPP Arwani Thomafi. Jika tidak bisa mendapat posisi Ketua MPR, dua nama itu bakal diajukan menjadi salah satu pimpinan MPR.

"Pak Arsul Sani, ya Arwani yang sekarang ketua fraksi MPR. Itu aja dua, kalau pendapat kami sebagai orang yang di PPP yang mumpuni untuk posisi tersebut," kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi. 

4. Gerindra

Soal nama kader yang berpotensi menjadi Ketua MPR, Ketua Fraksi Gerindra MPR Fary Djemy Francis menyebutkan nama Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. "Salah satunya Pak Muzani, yang selama ini bisa diterima oleh semua fraksi," ujarnya.

5. PDIP

PDIP juga sudah menyiapkan sejumlah nama yang dinilai cocok untuk menjadi pimpinan MPR 2019-2024. Mereka di antaranya Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Menkum HAM Yasonna Laoly, hingga anggota DPR Trimedya Panjaitan.

"Wakil Ketua MPR kita sekarang kan Pak Ahmad Basarah, doktor Pancasila, lima tahun mendampingi Pak Taufiq Kiemas. Beliau dulu pimpinan fraksi, Pak Yasonna Laoly, terus Pak Trimedia Pandjaitan, banyak, Andres Hugo Pareira, tokoh-tokoh yang berkecimpung memahami konstitusi dan sistem ketatanegaraan sekarang," tutur Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini