5 Manfaat Pilates untuk Ibu Hamil

22 Aug 2019 13:01 Kesehatan

Olahraga pilates memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menguatkan otot tubuh, memperbaiki postur tubuh, menambah fleksibilitas dan kelenturan, serta masih banyak lain lagi manfaat yang bisa didapat.

Selain fungsi tersebut, ternyata pilates juga dapat menjadi alternatif olah tubuh yang sangat baik bagi ibu hamil. Saat para perempuan mengandung, tentu terjadi perubahan hormon yang membuat rasa tidak nyaman dalam tubuh. Misalnya sakit pinggang, tidak nyaman bergerak hingga morning sickness (mual di pagi hari).

Instruktur pilates, Chindrawaty mengatakan, pilates aman untuk ibu hamil karena, gerakannya bisa menyesuaikan keadaan. Tapi, tetap fokus pada pernapasan dan posisi tulang belakang.

"Wanita hamil biasanya memiliki keluhan pinggang dan tulang belakang yang sakit. Itu dapat diminimalisir dengan senam pilates," kata Chindrawaty.

Selain mengurangi rasa sakit pinggang selama kehamilan. Pilates juga memiliki manfaat lainnya. Berikut ini ulasannya:

1. Melatih Daerah Pelvis (Panggul)

Saat melahirkan dibutuhkan tulang panggul yang kuat dan siap. "Kekuatan otot-otot tulang panggul dapat dilatih dengan senam pilates. Jadi saat melahirkan tulang panggulnya sudah siap," jelas Chindrawaty yang juga merupakan instruktur yoga ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan, bila tulang panggul kuat saat kehamilan, calon ibu dapat menopang berat badan bayi yang semakin bertambah dalam kandungan.

Salah satu contoh gerakan pilates Foto pitangopibarengid
Salah satu contoh gerakan pilates. (Foto: pita/ngopibareng.id)

2. Melancarkan Peredaran Darah

Gerakan-gerakan pilates memiliki manfaat melancarkan peredaran darah. "Peredaran darah yang lancar tentu akan membuat kehamilan semakin sehat. Karena seluruh tubuh bisa berfungsi dengan aktif," ungkap Chindrawaty.

Jadi para perempuan yang tengah mengandung mau meluangkan waktunya untuk melakukan pilates dengan benar dan rutin, maka dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Mengontrol Berat Badan

Selama hamil dokter kandungan biasanya akan menyarankan menjaga berat badan. Agar tidak terjadi obesitas atau diabetes selama kehamilan.

"Untuk menjaga berat badan tentunya dibutuhkan aktivitas dan olahraga. Supaya tidak berolahraga sembarangan, sebaiknya memang mengikuti kelas pilates," ucap Chindrawaty sambil mencontohkan beberapa gerakan pilates khusus untuk ibu hamil.

4. Mengimbangi Postur Tubuh

Chindrawaty menceritakan, saat hamil tentu postur tubuh akan berubah sejalan dengan perut yang semakin membesar. Perubahan tersebut akan mempengaruhi sendi-sendi dan otot.

Menurutnya, pilates akan membantu mengimbagi postur tubuh yang berubah cepat selama kehamilan. "Sebab dalam pilates banyak gerakan yang diperuntukkan melatih otot serta membantu mengimbangi postur tubuh," sambung dia.

5. Mengurangi Stress Selama Kehamilan

Mengisi waktu luang selama hamil dengan pilates tentu akan membuat tubuh sehat dan bugar. Sehingga mood akan tetap terjaga setiap harinya. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari stres berlebihan.

Chindrawaty pun menyarankan, sebaiknya ibu hamil melakukan pilates secara privat, karena ada beberapa gerakan yang tidak bisa diikuti wanita hamil bila masuk kelas reguler.
"Seperti gerakan tengkurep, itu kan tidak bisa dilakukan wanita hamil sebaiknya memang mengambil private class (kelas privat) atau kelas pregnancy (ibu hamil)," pesan Chindrawaty.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini