Ustadz Abdul Somad bersama Mellya Juniarti. (Foto: Instagram)
Ustadz Abdul Somad bersama Mellya Juniarti. (Foto: Instagram)

5 Klarifikasi Ustadz Abdul Somad Setelah Jadi Duda

Ngopibareng.id Tokoh 06 December 2019 09:36 WIB

Ustadz Abdul Somad atau biasa dipanggil UAS resmi bercerai dengan sang istri, Mellya Juniarti, di Pengadilan Agama Bangkinang, Riau, pada Selasa 3 Desember 2019.
Kabar tersebut membuat publik menjadi heboh.

Setelah menyandang status duda, UAS memberikan klarifikasi terkait perceraiannya. Namun klarifikasi tidak disampaikan langsung oleh sang ustadz. Melainkan melalui kuasa sang pengacara, H. Hasan Basri, S.Ag.,SH.,MH melalui akun Instagram @sahabatuasofficial.

Berikut 5 poin klarifikasi yang disampaikan sang kuasa hukum mewakili UAS:

Poin pertama

UAS dan Mellya Juniarti menikah pada 20 Oktober 2012. Pasangan tersebut telah dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Midzian Haziq Abdillah bin Abdul Somad Batubara.

Poin kedua

Pemasalahan rumah tangga UAS sudah lama terjadi hampir empat tahun yang lalu. Jauh sebelum ustadz sebagai pendakwah yang populer dan viral di media sosial.

Berbagai usaha telah dilakukan UAS untuk mempertahankan rumah tangganya, terutama sebagai kepala keluarga untuk mendidik Mellya Juniarti.

Namun usaha tersebut tidak berhasil. Sebelum bercerai atau melakukan talak 3, UAS telah melakukan tahapan-tahapan sesuai ajaran Islam.

Di antaranya nasihat, pisah ranjang pada Mei 2016, musyawarah, dan konsultasi keluarga.
Setelah itu UAS memberi talak 1 dan talak 2 sebelum akhirnya bercerai.

Poin ketiga

Karena UAS tidak ingin lebih menambah permasalahan yang berlarut-larut dan lebih besar di kemudian hari, UAS mengantisipasi yang lebih diprioritaskan dibanding mengejar kemaslahatan yang belum jelas. Hasan Basri menambahkan, langkah perceraian UAS tersebut sudah sesuai dengan kaidah fiqih atau ilmu syariat Islam.

Poin keempat

Meskipun telah berpisah ranjang sejak empat tahun lalu, UAS tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang ayah. Ia memberikan nafkah bulanan dan fasilitas untuk Mellya Juniarti dan anaknya.

UAS selalu menyediakan waktu secara khusus dalam kesibukan dakwahnya untuk sang anak. Di antaranya menemani bermain dan jalan-jalan, layaknya orangtua yang selalu menyayangi dan mendidik anaknya.

Poin kelima

Sebagai warga negara yang baik, UAS mengajukan secara resmi permohonan cerai talak Pengadilan Agama Bangkinang. Perceraian tersebut terdaftar dengan nomor perkara 604/pdtg/2019/papbkn.

Permohonan perceraian telah diputuskan oleh majelis hakim pada tahap proses persidangan ke sebelas, yaitu pada Selasa, 3 Desember 2019.

UAS menjatuhkan talak satu kepada Mellya Juliarti. Talak ini masih memungkinkan UAS rujuk dengan sang mantan istri selama masih dalam masa iddah (tiga bulan).

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 07:26 WIB

Menara Eiffel Diancam Bom, Begini Evakuasi Polisi pada Turis

Internasional

Teror bom dari penelepon misterius

19 Sep 2020 11:45 WIB

Tim SAR Evakuasi Kru Helikopter PT NUH dari Pedalaman Paniai

Timur Indonesia

Para kru helikopter ditemukan selamat.

08 Sep 2020 07:40 WIB

"Slip of Tounge" Memanaskan Situasi

As’ad Said Ali

Jangan memberi pernyataan seolah-olah tak ada masalah besar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...