5 Gaya Artis Saat Dilantik Jadi Anggota DPR

01 Oct 2019 16:38 Selebriti

Penyanyi Krisdayanti menjadi salah satu artis yang berhasil lolos ke Senayan dengan perolehan suara sebanyak 132.131. Ia sudah bersiap-siap sedari pagi untuk melaksanakan pelantikan anggota DPR RI di Gedung MPR/DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Sang diva terlihat cantik dengan mengenakan kebaya berwarna merah, identitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kebaya itu hasil rancangan Anne Avantie.

Kebaya merah itu dia padukan dengan kain batik cokelat tradisional yang tak kalah indah. Pakaian ini membuat Krisdayanti tampak seperti perempuan Jawa. Ia menyematkan bros emas di bagian tengah dada.

Bukan hanya bros, Krisdayanti juga menyematkan kain selendang batik di sisi kanannya. Kain tersebut terlihat sangat tradisional, berwarna cokelat tua dengan motif khas yang sangat tua. Ini memberi kesan mewah di tampilan tradisionalnya.

Tak lengkap rasanya jika kebaya tidak dipadukan dengan riasan wajah dan rambut yang etnik. Itu juga dipilih Krisdayanti. Rambutnya dia konde secara rapi. Dia memilih konde tradisional dengan tusuk konde emas dibagian belakang sebagai kuncian rambut.

"Bismillahirahmanirahim. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang," tulis ibu empat anak ini dalam keterangan fotonya di akun Instagram @krisdayantilemos.

Mulan Jameela juga tak luput dari sorotan jelang pelantikan anggota DPR RI. Seperti diketahui, istri musisi Ahmad Dhani ini awalnya tidak lolos dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Tapi, ibu empat anak ini menggugat secara perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Hasilnya, majelis hakim mengabulkan gugatan tersebut.

Mulan Jameela ditetapkan oleh Partai Gerindra sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024, setelah menggeser dua lawannya, sesama kader Gerindra yakni Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi yang seharusnya sebagai pemegang tiket lolos ke Senayan.

Mulan Jameela diusung Partai Gerindra dapil Jabar XI meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya dengan perolehan suara 24.192.

Di Dapil Jawa Barat XI, Partai Gerindra mendapat tiga kursi. Bila Evin Luthfi yang meraih suara 33.938 (suara terbanyak ketiga) dipecat dari partai, maka yang seharusnya menggantikannya sebagai caleg terpilih adalah Fahrul Rozi sebagai suara terbanyak keempat).

Namun Fahrul Rozi ternyata juga dipecat. Maka yang menggantikan Evin Luthfi adalah caleg dengan perolehan suara ke-5, yakni Mulan Jameela.

Mulan Jameela pun dilantik bersama 574 anggota DPR lainnya pada hari ini. Ia pun mengaku gugup saat melangkahkan kaki di gedung dewan.

"Iya saya berangkat dari hotel langsung ke sini (Gedung MPR/DPR RI). Aduh, saya nervous (gugup)," ungkap Mulan Jameela.

Menghadiri acara pelantikan, Mulan mengenakan baju adat dari Suku Bugis berwarna pastel. Baju Bodo tersebut terlihat cukup mewah dan dirancang oleh desainer Didiet Maulana.

Mulan Jameela mengenakan pakaian adat tersebut lantaran sesuai tema dalam acara pelantikan.

"Ini kan semua pakai baju nasional kan. Kebetulan saya pakai baju bodo karena konsepnya juga sesuai, ini kan bajunya gombrong-gombrong," jelas Mulan Jameela.

Mulan Jamella mengenakan baju adat Bugis saat pelantikan anggota DPR RI Senin 1 Oktober 2019
Mulan Jamella mengenakan baju adat Bugis saat pelantikan anggota DPR RI, Senin 1 Oktober 2019.

Rachel Maryam diantar anak dan suaminya di hari pelantikan. Hal tersebut terlihat dalam Instagram Stories milik sang artis.

Dalam foto tersebut, Rachel terlihat ayu dengan mengenakan hijab berwarna pink. Baju yang dikenakan juga dengan warna senada.

Rachel Maryam diusung dari Partai Gerindra dengan Dapil Jawa Barat II. Suara yang diperoleh Rachel adalah 145.636.

Rieke Diah Pitaloka juga turut mengunggah sebuah video di akun Instagram-nya. Walau hanya terlihat setengah badan, pemeran Oneng di serial komedi Bajaj Bajuri ini nampak cantik dalam balutan kebaya kutu baru berwarna merah maroon.

Rambutnya disanggul rapi dengan sapuan makeup yang nampak flawless. Rieke juga mengenakan anting besar agar penampilannya tidak terlihat terlalu polos.

Sementara itu, Nurul Arifin tampil cetar dengan kebaya kutu baru berwarna kuning mencolok. Kalung besar dipilih sebagai aksesori untuk mempercantik penampilannya.

Berikut ini, nama-nama anggota DPR RI periode 2019-2024 yang berasal dari kalangan artis dan atlet:

1. Eko Hendro Purnomo (artis/anggota DPR incumbent) diusung PAN dapil DKI Jakarta I dengan perolehan suara 104.564.

2. Desy Ratnasari (artis/anggota DPR incumbent) diusung PAN dapil Jawa Barat IV dengan perolehan suara 86.450.

3. Dede Yusuf Macan Effendi (artis/anggota DPR incumbent) diusung Partai Demokrat dapil Jawa Barat II dengan perolehan suara 165.182.

4. Tommy Kurniawan (artis) diusung Partai PKB dapil Jawa Barat V dengan perolehan suara 33.988.

5. Primus Yustisio (artis/anggota DPR incumbent) diusung PAN dapil Jawa Barat V dengan perolehan suara 86.983.

6. Rieke Diah Pitaloka (artis/anggota DPR incumbent) diusung PDIP dapil Jawa Barat VII dengan perolehan suara 169.729.

7. Arzeti Bilbina (artis/anggota DPR incumbent) diusung PKB dapil Jawa Timur I dengan perolehan suara 53.185.

8. Krisdayanti (artis) diusung PDIP dapil Jawa Timur V dengan perolehan suara 132.131.

9. Rano Karno (artis/anggota DPR incumbent) diusung PDIP dapil Banten III dengan perolehan suara 274.294.

10. Nurul Arifin (artis/anggota DPR incumbent) diusung Partai Golkar dapil Jawa Barat I dengan perolehan suara 35.713.

11. Muhammad Farhan (artis) diusung Partai NasDem dapil Jawa Barat I dengan perolehan suara 52.033.

12. Rachel Maryam Sayidina (artis/anggota DPR incumbent) diusung Partai Gerindra dapil Jawa Barat II dengan perolehan suara 145.636.

13. Junico BP Siahaan (artis/anggota DPR incumbent) diusung oleh PDIP dengan perolehan suara 69.237.

14. Utut Adianto (pecatur/anggota DPR incumbent) diusung PDIP dapil Jawa Tengah dengan perolehan suara 89.902.

15. Moreno Soeprapto (pembalap/anggota DPR incumbent) diusung Partai Gerindra dapil Jawa Timur V dengan perolehan suara 59.296.

16. Mulan Jameela (penyanyi) diusung Partai Gerindra dapil Jabar XI meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya dengan perolehan suara 24.192.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini