Aplikasi V Live.

5 Fakta V Live, Layanan Streaming Favorit Idol K-Pop

ngopiK-pop 16 July 2019 11:05 WIB

Para K-Popers pasti sudah tak asing lagi dengan V Live. Layanan streaming ini banyak digunakan oleh idol-idol asal Korea Selatan. Layanan streaming buatan Naver Corporation ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 yang lalu.

Layanan ini berhasil membuat idol menjadi semakin lebih dekat dengan penggemarnya. Karena di setiap livestream, penggemar bisa langsung memberikan komentar dan berinteraksi dengan idol.

Berikut ini 5 fakta tentang V Live yang booming di Korea Selatan.

1. Memiliki lebih dari 700 channel

V Live memiliki lebih dari 700 channel yang diisi oleh beragam grup K-pop, mulai dari BTS, EXO, Big Bang, NCT, BLACKPINK, Twice dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga beberapa aktor yang memiliki channel khusus di layanan ini seperti Lee Dong Wook dan Park Bo Young.

2. Diunduh jutaan kali

Awalnya, aplikasi V Live hanya tersedia untuk Android dan dapat diunduh dengan gratis lewat Google Play Store. Tapi, tidak lama kemudian aplikasinya juga tersedia lewat iTunes. Saat ini, aplikasi V Live untuk Android telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Wow!

Idol KPop BTS juga menggunakan aplikasi V Live untuk berinteraksi dengan fansnyaIdol K-Pop BTS juga menggunakan aplikasi V Live untuk berinteraksi dengan fansnya.

3. Memiliki berbagai fitur

Selain channel-channel milik idol di atas, V Live memiliki beberapa fitur lainnya. Seperti V Live+ yang menawarkan konten berbayar yang dapat diunduh oleh penggemar, stiker yang digunakan dalam live chat, dan CH+ atau channel premium yang bisa diakses dengan membayar biaya langganan. Channel premium ini biasanya memiliki konten yang ekslusif, seperti reality show Real GOT7 dan BTS: Bon Voyage. 

4. Jadwal V Live

Jika idol atau kanal yang diikuti seseorang melakukan livestreaming, pengemar langsung akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi. Tapi, ada juga beberapa konten yang telah dijadwalkan untuk tayang di hari-hari tertentu yang bisa kalian cek di akun Twitter resmi V Live Indonesia. 

5. Komunitas baru

Adanya V Live berujung dengan terbentuknya komunitas online yang menyediakan subtitle terjemahan dalam berbagai bahasa. Karena subtitle buatan penggemar ini, maka beberapa video sampai memiliki 17 opsi subtitle dalam berbagai bahasa.

Bahkan komunitas ini mengadakan event dan kontes untuk mendorong penggemar membuat subtitle. Seperti penggemar yang pernah memenangkan video call dengan idol karena subtitle buatannya.

Pengguna V Live memang tersebar luas di banyak negara. Berdasarkan data dari Alexa, 18% pengguna datang dari Korea Selatan; 9,4% datang dari China; 8,5% dari Amerika Serikat; 5,9% dari Indonesia; dan 5,7% datang dari Thailand.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jan 2020 00:34 WIB

Album K-Pop Terbaik 2019 Versi Billboard

ngopiK-pop

Daftar tersebut menampilkan album yang menyentuh emosi.

01 Jan 2020 13:53 WIB

Lama Absen Menyanyi, Lee Hi Didepak YG Entertainment

ngopiK-pop

YG Entertainment mengumumkan kontrak Lee Hi tidak akan diperpanjang.

18 Dec 2019 01:05 WIB

Instagram Rilis Follower Akun K-Pop, BTS dan BLACKPINK Teratas

ngopiK-pop

Tagar yang paling banyak diikuti berkaitan dengan BTS dan BLACKPINK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.