5 Fakta Raja Malaysia yang Nikahi Miss Moscow yang Baru 25 Tahun

26 Nov 2018 15:26 Internasional

Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V menikahi Miss Moscow (Ratu Kecantikan Moskow) 2015, bernama Oksana Voevodina, yang baru berusia 25 tahun. Pasangan beda usia 24 tahun ini menikah di Barvikha Concert Hall, Moskow, Rusia pada Jumat, 23 November 2018.

Banyak warga Malaysia yang mengucapkan selamat kepada Sultan Muhammad V atas pernikahannya dengan Oksana Voevodina.

Sultan Muhammad V diangkat sebagai Raja Malaysia pada 14 Oktober 2016. Dia adalah putra pertama dari empat bersaudara keturunan Sultan Ismail Petra dan Tengku Anis Tengku Abdul Hamid.

Sebelum dilantik menjadi Raja Malaysia, Sultan Muhammad V adalah Pangeran Kelantan dengan nama lengkap Tengku Muhammad Faris Petra Ibnu Sultan Ismail Petra. Mantan kakak ipar Manohara ini dilantik sebagai Pangeran Kelantan pada 2010.

Berikut ini adalah lima fakta tentang Raja Malaysia yang dikutip dari Asia One.

1. Raja Malaysia Termuda

Sultan Muhammad V adalah Raja Malaysia termuda yang dilantik pada usia 47 tahun. Setengah usia dari pendahulunya, yaitu Sultan Abdul Halim Mu'adzam dari Kedah yang berusia 89 tahun.

2. Tidak Punya Ratu

Sultan Muhammad V merupakan raja pertama dalam sejarah Malaysia yang dilantik tanpa pendamping Ratu atau Raja Permaisuri Agong. Sultan Muhammad V bercerai dari istrinya Tengku Zubaidah Tengku Norudin, bangsawan Pattani, Thailand. Namun kini, Malaysia sudah punya ratu baru. Sultan Muhammad V telah menikahi Oksana Veovodina.

3. Dekat dengan Rakyat

Sebelum menjabat sebagai Raja Malaysia, Sultan Muhammad V dikenal dekat dengan rakyatnya. Dia kerap turun ke jalan untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Salah satu kegiatan 'blusukan' atau turun pandang dalam istilah Malaysia adalah ketika bencana banjir 2014 di Kelantan. Dalam kesempatan itu, Sultan Muhammad V membagikan rumah bagi korban banjir.

4. Penggemar Olahraga Ekstrem

Raja Malaysia yang satu ini dikenal penyuka olahraga ekstresm, seperti balapan off road dengan mobil 4WD. Dia juga gemar memanah, menunggang kuda, golf, dan bowling.

5. Muslim yang Taat

Sebagai pemimpin umat Islam Malaysia, Sultan Muhammad V dikenal sebagai Muslim yang taat. Dia kerap terlihat di masjid-masjid Kelantan untuk melaksanakan salat berjamaah. Jika keluar negeri, dia selalu ditemani guru agamanya.

Sultan Muhammad V menempuh pendidikan diploma dan studi Islam di St Cross Collage, University of Oxford Centre for Islamic Studies. Setiap Ramadhan, ia pun menggelar aktivitas rutin yakni 'Qiyam with me', mengajak masyarakat untuk iktikaf bersama dirinya di masjid. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini