5 Fakta Komika McDanny dan Reno Terciduk Kasus Narkoba

31 Aug 2019 14:32 Gosip Artis

Tahun 2019 nampaknya tengah diramaikan dengan penangkapan artis-artis yang terjerat kasus narboka. Setelah komedian Nunung dan suaminya, Ian Sambiran, dan aktor Rio Reifan. Kini, giliran komika Stand Up Comedy, McDanny dan Reno terciduk kasus narkoba.

Komika Alfonsus Renato Fenady (Reno) dan Danny Wijaya Wardhana, atau yang dikenal publik dengan nama McDanny ditangkap oleh Satuan Narkoba Polres Metro Tangerang di sebuah kamar indekos di kawasan Salemba Jakarta Pusat, Minggu 25 Agustus 2019.

"Kami pantau kos-kosan mereka. Akhirnya ditemukan RN dan DN yang merupakan publik figur. Kemudian kami amankan, Tersangka masih aktif mengikuti stand up comedy tingkat nasional" ungkap Kapolresta Tangerang Kombes Pol Abdul Karim.

Sebelumnya, pihak kepolisian melakukan pemantauan selama sepekan, akhirnya polisi mendapati peredaran narkoba hingga ke Jakarta. Saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka McDanny dan Reno.

Komika Mudy Taylor
Komika Mudy Taylor.

Sebelumnya, komika Mudy Taylor lebih dulu dijebloskan ke penjara pada 22 September 2018. Ia juga terciduk kasus narkoba. Penangkapan Mudy Taylor di rumahnya, Jalan Kejayan V, Kreo, Larangan, Tangerang Selatan.

Dari tangan Mudy Taylor, polisi mengamankan barang bukti berupa satu klip berisi narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,18 gram berserta alat hisap, bong dan korek api gas modifikasi.

Saat Stand Up Comedy, ciri khas Mudy Taylor selalu membawa gitar dan menyanyi lagu secara medley untuk memperkuat materi lawakannya.

Berikut 5 fakta penangkapan kasus narkoba McDanny dan Reno:

1. Lokasi Penangkapan

McDanny dan Reno Fenady diciduk polisi saat berada di kamar kos di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Belum ada keterangan pasti letak penyimpanan sabu atau aktivitas dua komika tersebut saat penangkapan.

2. Barang Bukti

Polisi menemukan dua paket sabu. Masing-masing seberat 0,65 gram dan 0,32 gram. Menurut pengakuan keduanya mendapatkan sabu dari pelaku RL, yang sekarang menjadi buronan Satnarkoba Polres Metro Tangerang Kota.

3. Alasan Pakai Narkoba

Saat diperiksa kepolisian keduanya mengaku mengonsumsi sabu untuk menambah stamina dan menambah kepercayaan diri. Akibat jam terbang yang tinggi, mereka pun memutuskan untuk mengambil jalan pintas.

"Dari pendalaman, menurut pelaku keduanya ini pakai sabu untuk keperluan biar percaya diri dan stamina saat manggung," ucap Kapolresta Tangerang Kombes Pol Abdul Karim.

4. Terancam 6-20 Tahun Penjara

Untuk saat ini, pihak kepolisi masih mendalami soal pengedar narkoba yang dijual ke McDanny dan Reno Fenady. Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat pasal 114 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

McDanny dan Reno Fenady terancam hukuman 6 tahun penjara dan paling lama 20 tahun  penjara. "Ancaman hukuman enam tahun penjara, paling lama 20 tahun penjara atau seumur hidup," ujar Abdul Karim.

5. Sibuk Syuting

McDanny dan Reno Fenady bisa dibilang komika yang miliki jam terbang tinggi. McDanny cukup sering tampil di televisi. Ia juga ikut bermain dalam beberapa film layar lebar di antaranya Marmut Merah Jambu bersama komika Raditya Dika, Bajaj Bajuri The Movie, This Is Cinta, Koala Kumal, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.

Kini, McDanny terpaksa 'cuti panjang' dari syuting sitkom Salah Fokus, yang dibintangi bersama Vicky Prasetyo dan tayang di Trans TV.

Sedangkan Reno Fenady pernah berakting juga di Manusia Setengah Salmon, Malam Minggu Miko The Movie.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini