Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic saat menyaksikan laga timnas negaranya melawan Rusia, tuan rumah Piala Dunia 2018, Minggu 8 Juli 2018.
Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic saat menyaksikan laga timnas negaranya melawan Rusia, tuan rumah Piala Dunia 2018, Minggu 8 Juli 2018.

5 Fakta Kolinda Grabar-Kitarovic, Presiden Kroasia ‘Syantik’ dan Mempesona

Ngopibareng.id Internasional 08 July 2018 14:05 WIB

Sosok Kolinda Grabar-Kitarovic mencuri perhatian saat Timnas Kroasia sukses mengandaskan tuan rumah Rusia dalam drama adu pinalti untuk maju ke babak empat besar pada Piala Dunia 2018, Minggu 8 Juli 2018.

Grabar-Kitarovic tak henti-hentinya memberikan dukungan semangat bagi Luca Modric dan kawan-kawan dari bangku VIP.

Penampilan Grabar-Kitarovic saat menyaksikan perempat final terlihat begitu menawan dengan balutan seragam timnas Kroasia.

Berikut lima fakta presiden cantik ini dikutip dari berbagai sumber:

1. Presiden wanita pertama Kroasia

Wanita berusia setengah abad itu merupakan Presiden perempuan pertama di negara Eropa Timur tersebut.

Grabar-Kitarovic dicalonkan Partai Uni Demokrasi Kroasia (HDZ) untuk bertarung di Pilpres 2014-2015, usai menyelesaikan tugas di NATO pada 2 Oktober 2014.

Hasil memuaskan, pada putaran pertama, Grabar-Kitarovic berhasil berada di urutan atas dengan jumlah perolehan suara 37,2 persen. Pada putaran kedua, bertarung dengan politikus andal Ivo Josipovic, Grabar-Kitarovic kembali menang dengan berhasil mendapat 50,7 persen suara.

Dengan kemanangan tersebut, Grabar-Kitarovic di usia 46 tahun resmi berkuasa di Kroasia hingga saat ini.

2. Mantan Diplomat

Lahir pada 29 April 1968 di Rijeka yang saat itu masih bagian Yugoslavia, sejak kecil Grabar-Kitarovic adalah siswa yang unggul dibidang akademis. Ketika muda dia masuk dalam program pertukaran pelajar dengan AS.

Karena program itu, Grabar-Kitarovic menghabiskan waktu sekolah menengah atas di Los Alamos, New Mexico. Selesai sekolah di AS, Grabar-Kitarovic memilih masuk ke Universitas Zagreb Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial.

Lulus dari sana, Grabar-Kitarovic memutuskan untuk menjadi pegawai negeri sipil. Awalnya, dia bekerja di Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, belum sampai setahun, Grabar-Kitarovic dipindahkan ke Kementerian Luar Negeri.

Menapaki jalan sebagai diplomat, perjalanan karier Grabar-Kitarovic sungguh moncer. Di antaranya pernah menjadi Duta Besar Kroasia untuk Amerika Serikat (2008-2011) dan Asisten Sekjen untuk Diplomasi Umum di NATO di bawah Sekjen Anders Fogh Rasmussen dan Jens Stoltenberg dari 2011-2014.

3. Wanita berpengaruh Forbes

Pada 2016, Forbes memasukkannya dalam daftar Perempuan Berpengaruh Dunia.

4. Memiliki anak atlet profesional

Grabar-Kitarovic menikah dengan Jakov Kitarovic sejak 1996 dan dikaruniai dua anak, yakni Karina lahir pada 23 April 2001. Ia seorang profesional figure skater dan juara nasional junior Kroasia. Sedangkan adiknya, Luka lahir pada 2003.

5. Menguasai 7 bahasa

Sosok kelahiran 29 April 1968 ini menguasai tujuh bahasa, diantaranya Kroasia, Inggris, Spanyol, Portugal, Jerman, Prancis dan Italia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2018 05:09 WIB

Mungkinkah Ramuan Dukun Panoramic Jatuh ke Kroasia?

Bola Kultural

Akhirnya Kroasia melaju ke babak final melawan Perancis. Ia permalukan Inggris di semifinal dalam perpanjangan waktu. Akankah Dewi Fortuna masih berpihak kepadanya. Bisakah ia menaklukkan Perancis?

08 Jul 2018 16:13 WIB

Cantik Tapi Urakan, Ini Gaya Asik Presiden Kroasia di Piala Dunia

Lain-lain

Presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovi kembali membuat heboh Piala Dunia 2018. Belum selasai kasus nyelonong ke ruang ganti pemain saat Kroasia vs Denmark, kali ini gaya urakan presiden cantik ini

08 Jul 2018 13:15 WIB

Presiden ‘Syantik’ Kroasia Carter Pesawat Dukung Timnas

Lain-lain

Kesebelasan Kroasia mencetak sejarah dengan maju ke babak empat besar Piala Dunia 2018.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...