Piala Dunia 20185 Fakta Kemegahan Kazan, Kota Mayoritas Muslim Rusia

15 Jun 2018 07:40

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Dari berbagai venue yang ada di Rusia, semua menyimpan keunikan tersendiri. Satu di antaranya ialah kota Kazan yang ada di daerah Rusia Timur. Di sana ada berbagai macam budaya dengan mayoritas muslim.

Kazan merupakan ibukota Republik Tatarstan, dan salah satu kota terbesar di Rusia yang berada sekitar 820 kilometer sebelah timur Moskow.

Kota Kazan adalah kota paling penting di Rusia, terutama soal urusan ekonomi, ilmu pengetahuan serta pusat kebudayaan.

Meski namanya tak sepopuler Moskow dan St. Petersburg, Kazan punya julukan unik yaitu ‘The Third Capital of Russia’ dan ‘The Millenial City’.

Kota yang merayakan hari jadi ke-1000 pada tahun 2005 lalu ini ternyata juga termasuk dalam daftar World Heritage Cities versi UNESCO.

Lantas, ada hal menarik apa saja di kota Kazan?

The Temple of All Religions

Sering disebut Universal Temple, tempat ini adalah komplek arsitektur paling terkenal di Kazan. Di sana ada berbagai bangunan rumah ibadah dari berbagai agaman. Mulai dari bangunan gereja Orthodox, masjid, sinagoge dan masih banyak lagi.

Kompleks bangunan ini dibangun pada tahun 1992 yang merupakan gagasan seorang seniman dan filantropis bernama Ildar Khanov.

Perkembangan Islam yang luar biasa

Rusia saat ini menjadi negara Eropa yang memiliki perkembangan umat Muslim paling pesat. Tercatat 6,6 persen penduduk Rusia adalah penganut agama Islam dan mayoritas Muslim di negara ini berada di Kazan.

Banyak bangunan Islam bersejarah

Bolgar dikenal sebagai kawasan paling bersejarah lengkap dengan bangunan-bangunannya yang unik. Bolgar bahkan disebut North Mecca bagi kaum Muslim Rusia.

Bangunan dari batu berwarna putih, benteng tinggi, masjid, dan menara menjadi kesatuan lanskap Islam yang indah dipandang.

Jika berkesempatan datang ke kota ini, jangan lupa mampir The White Mosque (Ak Mechet), yang merupakan bangunan terindah di kawasan ini.

Punya banyak tempat wisata

Selain keberagaman budaya dan kemegahan bangunannya, Kazan juga disebut sebagai surga pariwisata di Rusia. Satu di antaranya adalah Kremlin, tempat bersejarah yang menjadi warisan dunia UNESCO.

Punya stadion megah bernama Kazan Arena

Stadion megah berkapasitas 45.379 ribu penonton ini menjadi tempat diselenggarakannya berbagai pertandingan.

Mulai dari babak fase grup hingga delapan besar, Tim Nasional dari berbagai negara termasuk Spanyol, Perancis, Australia, Jerman hingga Polandia pernah menginjakkan kaki di stadion ini.