Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan sang istri, Iis Rosita Dewi atau akrab disapa Iis Edhy Prabowo. (Foto: Dok. KKP)
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan sang istri, Iis Rosita Dewi atau akrab disapa Iis Edhy Prabowo. (Foto: Dok. KKP)

5 Fakta Iis Rosita Dewi, Istri Edhy Prabowo Anggota DPR

Ngopibareng.id Korupsi 27 November 2020 00:07 WIB

Iis Rosita Dewi, istri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, ikut diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama suami yang baru pulang dari Amerika Serikat (AS) di Bandara Soekarno Hatta, pada Rabu 25 November 2020 dini hari.

Edhy Prabowo ditangkap lembaga antirasuah tersebut terkait dengan dugaan kasus korupsi benih lobster. Penangkapan mantan politikus Partai Gerindra dipimpin oleh penyidik senior KPK, Novel Baswedan dan Ambarita Damanik.

Berikut 5 fakta yang berhasil dirangkum tentang Istri Menteri Edhy tersebut:

1. Menggunakan Nama Iis Edhy Prabowo

Iis Rosita Dewi sendiri lebih sering menggunakan nama Iis Edhy Prabowo ketimbang nama lengkapnya. Dirinya menggunakan nama Iis Edhy Prabowo, S.Hum., M.M. baik di beberapa publikasi resminya, di media sosial hingga di situs resmi DPR.

2. Lahir dan Dibesarkan di Jakarta

Iis lahir di Jakarta pada 17 Mei 1979. Saat iri dirinya berusia 41 tahun. Sejak mengenyam pendidikan di bangku SD, SMP hingga sarjana Iis menghabiskan waktu sekolahnya di Jakarta. Dia mendapat gelar sarjana dari STBA LIA Jakarta dalam jurusan Sastra Inggris. Sedangkan gelar magister di jurusan Manajemen SDM dari Universitas Trilogi.

3. Anggota DPR

Iis saat ini duduk di Komisi V DPR. Dirinya tercatat sebagai anggota Fraksi Gerindra, partai politik yang sama dengan suaminya, dari daerah pemilihan Jawa Barat II. Di Komisi V DPR, Iis bertugas bersama anggota lainnya membidangi infrastruktur hingga perhubungan.

4. Aktif dalam Berbagai Kegiatan

Dalam berbagai unggahan di akun Instagramnya @iisedhyprabowo, tampak beragam unggahan dirinya aktif dalam berbagai aktivitas kerja sebagai anggota DPR, baik dalam negeri maupun di luar negeri.

5. Menyuarakan Hak-hak Perempuan

Sebagai anggota DPR, Iis sempat ingin menyuarakan hak-hak perempuan. Saat hendak dilantik, dia juga menyampaikan niatnya untuk bermitra dengan sang suami yang ada di pihak eksekutif, khususnya dalam menyuarakan aspirasi masyarakat di dapil mereka masing-masing, meskipun di Komisi V DPR dia tidak bermitra langsung dengan suaminya yang merupakan Menteri KKP.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 19:27 WIB

Gunung Semeru Erupsi, Warga Panik

Jawa Timur

Gunung Semeru erupsi membuat warga yang berada di kaki gunung mengungsi.

16 Jan 2021 19:22 WIB

Ingat, Nanti Malam Tarif Tol Surabaya -Gempol Naik

Ekonomi dan Bisnis

Kenaikan tarif tol juga terjadi di ruas jalan lainnya.

16 Jan 2021 18:59 WIB

Banjir di Kalsel, 27 Ribu Rumah Terendam, 112 Ribu Jiwa Mengungsi

Nusantara

Korban banjir di Kalsel terus bertambah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...