5 Fakta Gubernur Lempar Botol di Laga Kalteng Putra Vs Persib

03 Nov 2019 17:43 Nasional

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran tak kuasa menahan emosi. Tangannya langsung menyambar botol minum air mineral dan melemparkan ke arah lapangan. Emosi itu muncul ketika wasit mengganjar kartu merah ke penyerang Kalteng Putra, Patrich Wanggai.

Peristiwa itu terjadi di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Jumat 1 November 2019 malam. Saat itu sedang berlangsung laga pekan ke-25 Liga 1 antara tuan rumah Kalteng Putra melawan Persib Bandung.

Dalam video yang beredar, Sugianto Sabran, yang mengenakan kaus warna oranye dan topi warna hitam, melempar botol air mineral dari tribun VVIP. Tidak lama dia terlihat marah-marah sambil menunjuk-nunjuk sebelum turun ke pinggir lapangan.

Di video lainnya, tampak dia marah-marah kepada Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar. Keduanya tampak terlibat cekcok. Tidak terdengar jelas apa yang dipersoalkan oleh Sugianto.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengatakan, pihaknya sudah turun tangan menyelesaikan persoalan Sugianto Sabran dalam insiden pelemparan botol di acara pertandingan sepak bola.

“Sudah langsung diselesaikan. Kemendagri selalu sigap, cepat mengambil upaya penyelesaian apapun terkait stabilitas dalam negeri,” kata Bahtiar.

Selain kasus pelemparan botol saat pertandingan sepakbola, nama Sugianto Sabran sempat mencuat dalam berbagai peristiwa.

Berikut ini 5 fakta Sugianto Sabran, mantan suami artis Ussy Sulistyawati ini:

1. Laporkan Pimpinan KPK ke Polisi

Nama Sugianto Sabran muncul saat mencuat isu kriminalisasi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) awal tahun 2015. Ia melaporkan Bambang Widjojanto, yang saat itu menjabat Wakil Ketua KPK, dalam kasus dugaan memberikan perintah kepada saksi untuk memberikan keterangan palsu saat sidang sengketa Pilkada Kotawaringin Barat, Kalteng di Mahkamah Konstitusi 2010.

Pada Pilkada Kotawaringin Barat 2010, Sugianto Sabran menjadi calon bupati yang kalah dari pasangan Ujang Iskandar-Bambang Purwanto. Pasangan ini didampingi Bambang Widjojanto yang berprofesi pengacara.

2. Pengusaha Sawit

Sugianto Sabran mewarisi perusahaan sawit milik pamannya di PT Tanjung Lingga. Perusahaan ini memiliki omset triliunan rupiah karena masuk dalam kategori perusahaan sawit terbesar di Indonesia.

3. Politisi PDIP

Seolah tak puas menekuni profesi pengusaha, Sugianto Sabran terjun ke politik dan bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia sempat menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014. Pria 45 tahun ini duduk di Komisi IV yang membidangi masalah kehutanan, pertanian, dan pangan.

Selanjutnya, Sugianto Sabran maju di Pilkada Kotawaringin 2010. Ia berpasangan dengan Eko Soemarno. Hanya ada dua pasangan calon kala itu. Sugianto Sabran akhirnya bisa mengalahkan bupati incumbent Ujang Iskandar.

4. Mantan Suami Ussy Sulistyawati

Sugianto Sabran menikahi Ussy Sulistyawati pada 2005. Saat itu, ia masih menggunakan nama Yusuf Sugianto. Hanya selang setahun, pasangan ini bercerai setelah Ussy Sulistyawati melahirkan putrinya, Syafa Al Zahra.

5. Menikahi Gadis 25 Tahun

Sugianto Sabran baru saja melepas status duda setahun yang lalu. Ia menikahi gadis yang masih berusia 25 tahun. Pernikahan kedua Sugianto Sabran dengan Yulistra Ivo Azhar digelar di Istana Isen Mulang, rumah dinas Gubernur Kalteng.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini