Rais Am Jam'iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarahAn-Nahdliyah (JATMAN), Habib Luthfi bin Yahya. (Foto: istimewa)
Rais Am Jam'iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarahAn-Nahdliyah (JATMAN), Habib Luthfi bin Yahya. (Foto: istimewa)

5 Dzikir Mudah Diamalkan Situasi Apa pun, Ijazah Habib Luthfi

Ngopibareng.id Islam Sehari-hari 05 November 2020 03:27 WIB

Bagi setiap Muslim, setiap waktu tak pantas bila disia-siakan. Setiap waktu, selain konsentrasi kerja, bisa dilaksanakan untuk ibadah sesederhana apa pun. Misalnya, dengan berdzikir ringan.

Apalagi bila tinggal di kota, pasti mengalami adanya jalan macet. Tentu sangat sayang jika waktu dilewatkan begitu saja tanpa melakukan apapun. Nah agar waktu tak terbuang percuma, seorang Muslim bisa mengamalkan zikir.

Menjadikan Dzikir sebagai teman di kala macet akan membuat hati tenang dan tentunya mendapat pahala dari Allah SWT. Lalu seperti apa bacaan dzikir yang mudah diamalkan ketika macet?

Rais Am Jam'iyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarahAn-Nahdliyah (Jatman), Habib Luthfi bin Yahya memberikan langkah-langkah tepat dalam beribadah dengan mudah. Berikut 5 dzikir sederhana yang mudah diamalkan dalam kodisi apa apun.

1. Shalawat

Lafalnya bisa beragam, diantaranya:

Allahumma shalli ‘ala sayyidina Muhammad.

Memperbanyak shalawat akan membuat hati lebih tenang serta mendapat rahmat dari Allah SWT. “Siapa yang bershalawat padaku sekali, Allah akan curahkan rahmat sepuluh kali padanya”. (HR. Muslim).

2. Istighfar

Istighfar ialah ucapan "Astaghfirullah" (Aku memohon ampun pada Allah). Dengan membaca istighfar, Muslim akan terhindar dari dosa dan pikiran negatif. Bacaan zikir ini juga memiliki keutamaan, salah satunya, Allah akan berikan jalan keluar atas permasalahan yang sedang dihadapi.

“Siapa yang melazimkan beristighfar, maka Allah jadikan baginya jalan keluar atas segala kesulitannya. Allah juga akan memberikam kelapangan atas segala kesempitan dan kesusahannya. Serta memberinya rezeki dari jalan yang tak disangka sangka”. (HR. Abu Dawud, An Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim).

3. Kalimat Tauhid

Dzikir dengan menyebut kalimat tauhid disebut Nabi Muhammad sebagai dzikir yang paling utama.

“Dzikir yang paling utama adalah laa ilaha illa Allah (Tiada tuhan selain Allah)”. (HR. Tirmidzi).

Dzikir ini mampu memperteguh keimanan dan menyucikan diri, serta mendekatkan diri kepada Allah. Sehingga tidak ada yang jadi pegangan, tumpuan dan tujuan dalam hidup ini kecuali Allah SWT. Dzikir tersebut juga akan membersihkan kotoran qalbu dan mengusir setan dalam hati.

4. Tasbih

Kalimat tasbih berbunyi subhanallah (Maha Suci Allah) merupakan bacaan dzikir yang sangat disukai Allah. Manfaat dzikir tersebut sangat banyak, di antaranya akan dicatat bagi kamu seribu kebaikan atau dihapusnya seribu kesalahan.

“Ketika itu kami bersama Rasulullah SAW, kemudian ia bersabda, ‘Mampukah kalian mengerjakan setiap harinya seribu kebaikan?’ seseorang bertanya dari tempat ia duduk, ‘Bagaimana bisa salah satu dari kami melakukan seribu kebaikan?’ Lalu Nabi menjawab, ‘Bertasbihlah seratus kali tasbih, maka akan ditulis baginya seribu kebaikan, atau akan dihapus darinya seribu kesalahan.” (HR. Muslim).

5. Tahmid

Dzikir alhamdulillah (Segala puji bagi Allah) bukan sekadar ungkapan saat mendapatkan kenikmatan. Tapi ucapan tersebut juga menjadi doa yang membuat seorang Muslim punya energi positif dan lebih bersyukur dengan apapun anugerah Allah SWT.

Dengan memperbanyak bersyukur, Allah akan menambah nikmat-Nya. Tahmid ini juga jadi doa yang terbaik yang bisa dibaca dalam kondisi apapun. “Doa yang paling utama adalah alhamdulillah”. (HR. Tarmidzi).

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Mar 2021 07:36 WIB

Posko di Tingkat Desa Efektif Memperkuat PPKM Mikro

Nasional

Pos komando (Posko) tingkat desa dan kelurahan memperkuat PPKM.

09 Mar 2021 07:21 WIB

Kunjungan Koordinator Staf Khusus Presiden Ke BPCB Jatim

Nasional

Menguatkan literasi masa lalu sebagai fondasi masa depan.

09 Mar 2021 07:05 WIB

Konflik Internal Partai Politik, Empat Faktor Penyebab

As’ad Said Ali

Figur publik dan kharisma sebagai taruhan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...