5 Buah yang Baik Dikonsumsi Pagi Hari

07 Jan 2019 12:04 ngopiHealth

Buah-buahan sangat bergizi dan dianjurkan dikomsumsi setiap hari. Banyak pula orang mengkonsumsi buah saat sarapan sebagai penganti nasi. Sayangnya, tak semua buah baik dikonsumsi untuk sarapan.

Hal ini diungkapkan oleh Ahli Gizi Eny Sayuningsih SKM MKes. Ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dimakan ketika sarapan karena dapat mengiritasi lambung. "Semangka, mangga muda, nanas sebaiknya dihindari saat pagi hari," ujar Eny Sayuningsih.

Berikut ini lima buah yang direkomendasikan Eny Sayuningsih untuk dikonsumsi pagi hari.

1. Pepaya

Makan buah pepaya di pagi hari, selain tidak mengiritasi lambung, buah ini baik untuk pencernaan.

2. Apel

Apel adalah buah kaya serat, banyak mengandung vitamin A yang baik untuk aktivitas tubuh. "Yang paling penting juga ramah di lambung," jelas Eny.

3. Buah Naga

Buah berwarna merah serta kaya akan antioksidan ini juga baik bila dikonsumsi saat sarapan. Karena tak berefek pada pencernaan khusunya lambung.

4. Pisang

Selanjutnya buah pisang, buah yang banyak mengandung potasium yang baik untuk ini juga dianjurkan untuk makan pagi atau sarapan. "Selain banyak potasium, pisang juga mengenyangkan," sambung Eny.

5. Alpukat

Terakhir, buah alpukat untuk dikonsumsi pagi hari, selain mengandung lemak, alpukat juga banyak mengandung vitamin C dan E. "Buah alpukat lembut jadi tidak melukai lambung juga, sehingga aman untuk dikonsumsi pagi hari," pungkas Eny. (pts)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini