Ilustrasi mengisi liburan dengan menjadi relawan. (Ilustrasi: Vidhi/ngopibareng.id)

5 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Liburan Panjang

Ngopi BEBAS 16 January 2020 18:08 WIB

Liburan panjang sudah datang. Namun tak jarang, kita malah bosan karena tak banyak bersua dengan teman seperti halnya saat sekolah.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk memanfaatkan liburan agar menyenangkan. Paling penting, ada manfaat yang bisa didapat.

Berikut pilihan aktivitas untuk mengisi liburan panjang yang bermanfaat.

1. Mengikuti kegiatan volunteer

Berpartisipasi dalam kegiatan sukarelawan bisa membantu anda meningkatkan beberapa soft skills. Di antaranya adalah leadership skill. Memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik berguna untuk mengembangkan diri sendiri. Khususnya untuk mencapai karir yang lebih baik.

Anda akan belajar bagaimana bertanggungjawab dan mengatur diri sendiri, serta orang lain dalam mencapai tujuan pribadi maupun bersama. Selain itu, keterampilan berkomunikasi Anda juga akan terasah. Anda akan terbiasa dengan berdiskusi dan berkoordinasi dengan banyak orang. Terlebih, menambah jaringan pertemanan.

Anda akan belajar banyak karakter dan budaya orang dalam lingkup lebih luas. Misal, orang yang berasal dari latarbelakang budaya berbeda, baik dalam skala nasional maupun internasional. Pengalaman dan pengetahuan akan perbedaan ini secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir anda sebagai orang yang lebih open-minded, toleransi, dan maju.

Martin Luther King Jr, yang kemudian diadopsi oleh Oprah Winfrey menyebut, “Pelayanan adalah memberikan makna yang besar kepada orang lain yang membuka jalan sukses”.

2. Mengambil kursus bahasa
Bahasa merupakan alat utama untuk berkomunikasi sehari-hari. Apalagi zaman sekarang kemampuan berbahasa asing adalah suatu keharusan.

Saat ini Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa kedua yang wajib dikuasai. Di sisi lain, memiliki kemampuan berbahasa asing selain Bahasa Inggris seperti Prancis dan Spanyol akan menjadi nilai tambah.

Memiliki kemampuan ini membuka banyak kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan diri. Khususnya untuk karir dan masa depan yang baik. Selain itu, mahir menguasai beberapa bahasa mempengaruhi fungsi otak yang krusial.

Menurut Agnes Kovacs, psikolog yang belajar tentang bilingual, “Bilingual memperbaiki fungsi eksekutif otak, di mana otak dapat mengontrol, merencanakan, memecahkan masalah serta mampu menghindari gangguan dari dalam”.

3. Menekuni kursus memasak
Jangan sepelekan hobi memasak. Penyebabnya, jika diseriusi hobi ini bisa menghasilkan uang. Keahlian ini bisa dijadikan peluang bisnis. Penyebabnya, makanan adalah kebutuhan pokok manusia tanpa terkecuali.

Ada banyak manfaat yang didapatkan ketika anda memasak. Salah satunya, mengasah daya kreativitas otak. Menurut Nicole Lambert, Konselor Movement Counseling Services menyebut, “Memasak membantu kesehatan mental”.

Pendapat ini sejalan dengan pendapat seorang terapis, Justyna Wawrzonek, “Memasak bisa membuat Anda rileks. Itu meredam emosi negatif dalam diri anda”.

Memasak juga membuat Anda sehat karena tahu asupan nutrisi yang dibutuhkan. Ketika memasak juga akan melatih kesabaran. Mulai dari proses penyiapan alat dan bahan, memasak, menghidangkan hingga mencuci peralatan yang digunakan.

Melalui proses di atas, Anda secara tidak langsung belajar menghargai diri sendiri. Di sisi lain, memasak juga membuat Anda berhemat. Jika Anda memasak untuk orang lain, manfaatnya dapat meningkatkan dan membentuk hubungan emosional dengan mereka.

4. Membaca
Bukan hanya perut yang membutuhkan makanan, otak manusia juga butuh asupan. Asupan ini diperoleh dari membaca, yang bisa meningkatkan daya berpikir kritis. Bisa membaca dari apa saja, mulai dari buku, novel, cerpen, berita hingga artikel.

Membaca menstimulasi kerja otak untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Membaca juga bisa mengurangi stres dan depresi. Manfaat lainnya adalah mempertajam memori dan kemampuan menulis, menambah kosakata dan membuat tidur lebih nyenyak.

Anda bisa menargetkan setiap hari untuk membaca berapa halaman buku, berapa berita atau artikel setiap harinya secara rutin. Ini bisa dimulai dari hal yang disukai atau dari topik ringan. Misalkan komik, manga atau artikel pengetahuan ringan.

Jika malas membeli buku fisik, sekarang sudah tersedia e-book gratis di internet. Anda juga bisa secara bebas browsing untuk mendapatkan berita dan artikel dengan mudah. Dengan berkembangnya teknologi, membaca bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa batasan waktu.

5. Menyatu dengan alam
Alam selalu punya cara untuk membuat Anda lebih hidup. Alam memiliki magnet alaminya untuk membantu anda menjadi lebih segar dan baru. Hal sederhana ini bisa Anda lakukan untuk menyegarkan pikiran. Misalnya jalan-jalan di sawah di pagi hari.

Udara sejuk pagi dengan aroma embun yang masih menempel di daun bisa merelaksasikan ketegangan otot dan otak Anda. Selain itu, berada di hamparan bunga atau rerimbunan pohon rindang nan hijau akan meneduhkan mata dan menentramkan.

Bersepeda di pantai dan di area pedesaan juga opsi yang tepat. Sambil berolahraga dan menenangkan pikiran. Anda juga bisa melakukan hiking, camping, swimming, bahkan diving. Pesona indahnya alam membuat pikiran lebih segar dan tenang.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 23:56 WIB

Viral, Seorang Ibu Mengamuk Saat Acara Nikahan Anaknya

Nusantara

Jalannya pernikahan pun terhenti gara-gara aksi ibu ini

09 Jul 2020 23:33 WIB

Niat Atraksi Depan Cewek, Pemuda Ini Malah Tersungkur

Hiburan

Gak kebayang malunya

09 Jul 2020 23:16 WIB

Real Madrid Terancam Tanpa Vinicius Junior Saat Jamu Alaves

Liga Spanyol

Vinicius telah menjalani tes ulang untuk memastikan dia positif atau tidak

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...