Kalapas Kelas II Kediri, Kusmanto Eko Putro (kiri). (Foto: Fendi/ngopibareng.id)

488 Napi Lapas Kediri Ajukan Remisi

Jawa Timur 09 August 2019 23:45 WIB

Menjelang HUT Kemerdekan RI ke 74, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kediri Jawa Timur mengajukan sebanyak 488 narapidana untuk mendapatkan remisi dari Menteri Kehakiman melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Kemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

Kalapas Kelas II A Kediri, Kusmanto Eko Putra mengatakan surat pengajuan remisi sudah dikirimkan ke Dirjen Kemasyarakatan awal bulan Juli lalu.

Dari 488 nara pidana yang diajukan untuk mendapatkan remisi dinilai telah memenuhi persyaratan, diantaranya menjalani masa hukuman minimal enam bulan kurungan dan berkelakuan baik.

"Para nara pidana yang pasti berkelakuan baik dan menjalani pidana lebih dari 6 bulan sesuai PP Nomor 32 Tahun 1999. Surat sudah kita kirim sejak awal bulan Juli lalu," ujarnya, Jumat, 9 Agustus 2019 ditemui di sela-sela olahraga bersama petugas lapas.

Diketahui, dari 488 nara pidana paling banyak terkait kasus narkoba. Sementara sisanya terkait tindak pidana pencurian, perkelahian, pembunuhan dan perampokan.

"Paling banyak kasus narkoba mencapai 200 lebih. Sisanya kasus pencurian, perampokan, perkelahian bahkan pembunuhan," katanya.

Remisi yang diterima oleh para penghuni lapas bervariasi. Minimal potongan masa tahanan satu bulan dan maksimal enam bulan. Tidak hanya berharap mendapatkan remisi, mereka juga telah mengajukan pelepasan bersyarat.

"Rata-rata mulai dari satu bulan, sampai batas maksimum remisi enam bulan. Data terakhir 488, tetapi itu masih bisa berkurang karena mereka yang kita usulkan remisi itu ada juga kita usulkan pelepasan bersyarat," kata Kusmanto.

Diketahui secara keseluruhan penghuni tahanan Lapas kelas II A Kediri Jawa Timur saat ini berjumlah 880 orang. Dari 880 jumlah penghuni lapas, hampir separuhnya telah mengajukan surat pengajuan remisi. Sementara satu nara pidana lainnya terkait kasus terorisme yang tidak mengajukan remisi. (fen)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 23:20 WIB

Di Jatim, 189 Orang Positif Covid-19 dan Pasien Sembuh 40 Orang

Jawa Timur

Persentase kesembuhan sekitar 21,6%

06 Apr 2020 22:48 WIB

Hari Ini, Angka PDP 985 Orang dan ODP 10.929 Orang

Jawa Timur

Banyak diantaranya sudah sembuh ataupun meninggal dunia

06 Apr 2020 22:37 WIB

Polda Jatim Akan Koordinasikan Masalah Penutupan Jalan

Surabaya

Polda Jatim akan bahas langkah strategis penerapan PSBB.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.