mantan Menteri Perminyakan Nigeria Diezani Alison-Madueke. (Foto: ist/ngopibareng.id)

40 Juta Dolar Nilai Perhiasan, Disita dari Mantan Menteri Nigeria

Internasional 07 July 2019 00:17 WIB

Pengadilan Nigeria telah memerintahkan penyitaan perhiasan dan IPhone emas yang dipesan khusus senilai 40 juta dolar AS milik mantan Menteri Perminyakan Diezani Alison-Madueke. Demikian kata lembaga anti-korupsi negara itu, dikutip ngopibareng.id, Sabtu 6 Juli 2019.

Dikutip dari Reuters, barang-barang mewah tersebut termasuk ratusan gelang, cincin, anting, kalung dan jam tangan, ditemukan di sebuah properti yang dimiliki oleh Alison-Madueke, kata Komisi Kejahatan Ekonomi dan Finansial (EFCC) dalam satu pernyataan.

Alison-Madueke, yang menjadi menteri perminyakan tahun 2011 hingga 2015, didakwa oleh EFCC in absentia dengan tuduhan pencucian uang tahun 2017. Keberadaannya hingga saat ini belum diketahui.

Seorang pengacara yang berkantor di London dan mewakili dia belum segera menanggapi permintaan untuk berkomentar. Demikian seperti dikutip ngopibareng.id, Sabtu 6 Juli 2019 dari Antara.

Perintah yang dikeluarkan oleh pengadilan itu memberi waktu kepada EFCC untuk mempublikasikan dakwaan-dakwaan tersebut di surat kabar nasional dan mengizinkan mantan menteri itu atau "siapa saja yang tertarik dengan barang-barang mewah tersebut" untuk menunjukkan mengapa jangan sampai hangus secara permanen ke pemerintah federal.

Pada 2017, satu pengadilan mengizinkan pemerintah menyita secara permanen satu blok apartemen senilai 37,5 juta dolar yang dimiliki Alison-Madueke di sebuah kawasan dekat Lagos.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Feb 2020 16:13 WIB

Penyuap bupati Indramayu Nonaktif Dituntut 2,5 Tahun Penjara

Korupsi

Kasus suap Bupati Indramayu nonaktif senilai Rp3,6 miliar.

18 Feb 2020 09:31 WIB

23 Pengungsi Nigeria Tewas Berebut Makanan

Internasional

Pengungsi Nigeria tewas terinjak-injak saat berebut makanan.

16 Feb 2020 21:10 WIB

MPR Apresiasi Jaksa Agung Bongkar Skandal Korupsi PT Jiwasraya

Nasional

Jaksa Agung menetapkan Direktur PT Maxima Integra sebagai tersangka kasus

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.