4 WNI Jadi Korban Tewas Kebakaran di Arab Saudi

08 Jul 2019 06:32 Internasional

Empat warga negara Indonesia (WNI) asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi korban tewas dalam kebakaran di Arab Saudi. Peristiwa nahas ini terjadi di kawasan pemukiman yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat, di kawasan Nakasa, At Taqwa, Mekkah, Arab Saudi, Kamis 20 Juni 2019.

Empat WNI yang menjadi korban tersebut berinisial IRRS, 36 tahun; KBS, 35 tahun; TAT, 20 tahun; dan SNSI, 27 tahun. Peristiwa kebakaran ini diketahui oleh Tim Pelayanan dan Perlindungan (Yanlin) warga KJRI Jeddah.

Informasi itu kemudian disampaikan ke Petugas Pembantu Pelayanan Perlindungan WNI (P4W) wilayah Mekkah, Suyatno. Ia kemudian bergerak ke Rumah Sakit Umum Al Noor Mekkah untuk mencari tahu WNI yang menjadi korban jiwa.

"KJRI Jeddah baru diizinkan melakukan pemakaman keempat jenazah karena menunggu hasil pemeriksaan otoritas berwenang untuk memastikan penyebab kematian mereka," ujar Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, dalam keterangan tertulis, Senin 8 Juli 2019.

Hery menambahkan, KJRI Jeddah dan otoritas berwenang Saudi sempat mengalami kesulitan untuk mengungkap identitas keempat jenazah tersebut karena tidak memiliki dokumen apapun dan berstatus overstayer atau tinggal di Arab Saudi melebihi izin tinggal.

Kini, keempat jenazah WNI tersebut telah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Syarae Baru, Jeddah, setelah disalatkan lebih dulu di Masjidil Haram pada Minggu, 7 Juli 2019.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini