Contoh promo paket data salah satu provider.

4 Trik Hemat Paket Internet Tanpa Aplikasi Tambahan

Internet 08 April 2020 05:16 WIB

Menghemat paket internet menjadi langkah penting selama Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Anjuran Physical Distancing alias jaga jarak dan Work from Home salama wabah belum berakhir menjadikan kebutuhan paket internet seperti kebutuhan pokok.

Banyak provider menyediakan paket internet dengan berbagai tawaran menggiurkan. Cara mendapatkan paket internet pun juga makin mudah. Berseliweran di depan kita. Terkadang bikin tergiur mendapatkannya.

Ada banyak variasi paket internet. Ada yang tersedia dengan kapasitas kecil, medium bahkan tidak jarang paket internet luas atau besar. Pasti Anda pernah melihat paket internet dengan kapasitas di atas 10GB.

Hal yang menjadi permasalahan bukan karena sulitnya mendapatkan paket internet tersebut. Namun masalah yang sering terjadi yakni sulitnya mengontrol atau menghemat paket data yang ada.

Pada dasarnya semua paket internet bisa diperkecil. Bahkan caranya sangat sederhana. Berikut trik menghemat paket internet tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

1. Matikan Data Internet Bila Tak Digunakan

Para pengguna internet pasti sering melakukan kesalahan ini. Terlebih meninggalkan paket internet dalam keadaan on ketika tidak digunakan. Misalnya saja ketika sedang istirahat atau tidur.

Ketika anda tidak menggunakan sarana internet, seperti sedang beristirahat, ada baiknya membuat paket data menjadi off. Hal ini bisa mengurangi pemakaian paket data tersebut. Barulah buat paket data menjadi on kembali bila memang ingin digunakan.

2. Logout Akun Sosial Media Bila Tidak Digunakan

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan demi menghemat paket internet yakni logout akun media sosial. Dengan logout akun media sosial yang tidak digunakan, berarti anda sudah mengurangi pemakaian paket data.

Cukup log in akun media sosial yang sering Anda gunakan saja. Misalnya bisa logout akun Instagram, dan akun media sosial lainnya ketika tidak digunakan. Semakin sedikit akun media sosial yang tersambung ke internet, maka semakin kecil juga pemakaian data internet anda.

3. Hindari Download File Berukuran Besar Setiap Saat

Download sebuah file terkadang memang harus dilakukan, terlebih hal tersebut sangat dibutuhkan. Tetapi bila memang ukuran file dengan kapasitas besar, lebih baik anda menggunakan jaringan Wi-Fi untuk download tersebut. Tujuannya agar paket data Anda bisa lebih irit.

4. Matikan Update Otomatis Pada Perangkat

Hal terakhir yang bisa dilakukan guna bisa mengemat paket internet ialah melakukan setting off pada update otomatis. Terkadang banyak perangkat smartphone yang di setting on pada bagian update perangkat lunak. Sebenarnya hal tersebut bisa di setting kembali menjadi off. Tujuannya agar tidak menggunakan data internet di belakang layar.

Gampang kan. Itulah beberapa poin penting yang bisa diterapkan guna bisa menghemat paket data internet Anda. Terlebih yang menggunakan paket data pada perangkat smartphone. Ketika sudah menerapkan beberapa poin di atas, bisa dipastikan paket data Anda  akan jauh lebih irit dari sebelumnya.

Menghemat paket data sebenarnya berdampak juga pada pengeluaran Anda sehari-hari. Maka Anda bisa menyimpan budget yang ada untuk keperluan lainnya ketimbang harus membeli paket data setiap saat bahkan setiap hari.

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 19:25 WIB

KH Said Aqil: Penyelenggara Haji Seharusnya Makin Cerdas

Reportase

Disampaikan pesan aktual PBNU

03 Jun 2020 19:22 WIB

Wawali Surabaya ODP, Ketua DPRD Minta Pemkot Fasilitasi Tes Swab

Surabaya

Wawali Surabaya Whisnu Sakti Buana akan menjalani swab.

03 Jun 2020 19:10 WIB

ABK Kapal di Pelabuhan Tanjungwangi Ikuti Rapid Test Massal

Jawa Timur

Rapid test dilakukan Pelindo III.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...