Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Hadapi Remaja Mengenal Cinta, Ini 4 Tips untuk Orang Tua

Ngopibareng.id Kesehatan 23 October 2019 22:30 WIB

Remaja awal di usia 13 sampai 15 tahun adalah awal pencarian jati diri. Pada sia ini, pula remaja sudah mengenal lawan jenisnya dan juga mengenal cinta.

Saat seorang remaja mulai memasuki fase mengenal lawan jenis dan cinta menjadi masalah tersendiri. Biasanya orang tua akan kebingungan bagaimana bersikap. Ada pula orang tua yang mengambil langkah tegas dengan melarang anaknya.

Padahal, menurut Dr. Yunias Setiawati,dr,Sp.KJ (K) spesialis kesehatan jiwa, fase ini merupakan hal yang wajar dialami remaja.

Untuk dokter yang akrab disapa Yunias ini memberikan 4 tips bagaimana seharusnya sikap orang tua, ketika remaja mulai mengenal cinta.

1. Kenali Perkembangannya

Yunias menjelaskan, orang tua sebaiknya harus mengenali fase perkembangan anak dan derajat kecerdasan emosional, serta kemampuan kognitif anak.

"Perkembangan remaja usia 13 sampai 15 tahun, misalnya sudah ada perubahan dalam tubunya kalau wanita mens, kalau laki-laki tumbuh jakun, suara besar, dan lain-lain," ungkap Yunias kepada Ngopibareng.id, Rabu, 23 Oktober 2019.

Selain perubahan bentuk tubuh, Yunias mengungkapkan, perubahan emosi juga terjado di usia ini seperti galau. Ia pun mengebu-gebu, tertarik pada lawan jenis, menjauh dari orang tua dan membentuk komunitas dengan teman sebaya.

"Perubahan-perubahan ini harus disadari orang tua dan perubahan ini memang wajar terjadi di usia-usia remaja. Orang tua harus sadar bahwa anaknya sudah memasuki satu fase lagi dalam hidupnya," ujar dokter RSUD Dr.Soetomo Surabaya ini.

Ilustrasi Foto istimewaIlustrasi (Foto: istimewa)

2. Menjadi Teman

Menurut Yunias, saat remaja sudah mengenal cinta, orang tua tidak perlu melakukan pelarangan yang berlebihan atau malah menakut-nakuti anaknya.

"Peran orang tua sebagai temanya, banyak mendengarkan, banyak memberi kesempatan curah pendapat anak walaupun terkadang anak menyebalkan," ucap Yunias.

Bila hubungan anak dan orang tua terjalin baik, kata Yunias, maka akan tercipta kepercayaan diri, harga diri tinggi, serta mencintai diri sendiri pada anak.

3. Mengetahui Siapa Pacarnya

Apabila orang tua merasa khawatir pada anaknya yang sudah mengenal cinta. Cara yang baik bukan hanya melarang larang saja, kenali siapa yang disukai anak.

"Bila perlu diajak makan bersama diundang ke rumah. Dengan menjalin hubungan seperti ini orang tua bisa memberi nasihat pada anak lewat contoh-contoh yang baik, apabila dirasa ada yang tidak benar," Yunias menuturkan.

4. Mengenalkan Organ Reproduksi

"Sejak remaja memang harusnya dikenalkan bagian reproduksinya untuk berjaga diri," kata Yunias.

Menurutnya, pendidikan organ reproduksi dan edukasi seksual perlu diberikan sejak dini. Mencakup beda perempuan dan laki-laki bagian yang boleh disentuh dan tidak, bagian yang boleh terlihat dan tidak.

"Disini peran orang tua sangat penting untuk mengenalkan hal tersebut," tuturnya.

Ia menambahkan, percintaan saat remaja wajar apabila untuk meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan sosialisasi dengan teman.

"Berlebihan apabila ia hanya mencari pacarnya tersebut, dan bisa marah apabila tidak bertemu. Berani melakukan self harm apabila bertengkar pacarnya. Ini yang harus di waspadai oleh orang tua," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Oct 2020 11:00 WIB

Abu Sa’id Abul Khair, Insan yang Mengenal Cinta

Ady Amar

Tulisan Ady Amar tentang Abu Sa’id Abul Khair

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...