Ilustrasi membaca menyenangkan bareng orang tua. (Foto: ilustrasi google)

Empat Tips Membuat Anak Betah Membaca dari Psikolog

Tips 13 February 2020 17:21 WIB

Membaca acap kali dipandang sebagai kegiatan yang membosankan, khususnya bagi anak-anak. Apalagi saat ini anak-anak lebih senang bermain gim daripada membaca buku. Penggagas Klub Literasi Anak, Nindia Nurmayasari, punya tips untuk menumbuhkan minat baca pada anak.

"Agar anak gemar membaca tidak bisa instan, tentunya mereka harus merasakan mengalaman membaca secara menyenangkan itu sendiri," ujar aktivis dan psikolog pendidikan anak ini.

Untuk itu, Maya biasa ia disapa memberikan tips bagi orang tua untuk membuat suasana membaca menjadi menyenangkan bagi anak.

Ciptakan Suasana Menyenangkan

Ajak anak untuk membaca buku bersama. Dilakukan dengan ajakan dan bersama-sama, bukan perintah atau paksaan. "Di awal, bisa dimulai dengan orang tua yang sering menceritakan isi buku yang dibaca. Gali rasa ingin tahu dan ketertarikan anak terhadap buku," terang Maya.

Kegiatan membaca jadi menyenagkan bagi anak Foto ilustrasi googleKegiatan membaca jadi menyenagkan bagi anak. (Foto: ilustrasi google)

Pilih Buku yang Disukai

Maya mengatakan, orang tua bisa memilihkan buku bacaan yang kira-kira diminati oleh anak. Jika anak sudah bisa memilih, beri kesempatan anak untuk memilih buku yang ingin dibacanya.

Sesuaikan Buku dengan Usia Anak

"Saya percaya bahwa setiap anak itu pasti suka membaca atau dibacakan cerita. Kalau ada yang tidak suka, bukan berarti mereka tidak suka membaca namun bisa jadi mereka belum menemukan buku bacaan yang tepat saja," tandas Maya.

Lakukan dalam Suasana Nyaman

Maya mengungkapkan, untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dalam membaca, penting bagi orang tua untuk melihat suasana hati anak.

"Ketika orangtua dan anak siap untuk membaca cerita. Anak sudah kenyang, tidak mengantuk, dan siap mendengar cerita. Sedangkan orang tua juga tidak sedang mengerjakan sesuatu, memegang handphone, dan benar-benar waktunya fokus untuk membaca bersama anak," jelasnya.

Tambah Maya, selain itu jadikan kegiatan membaca ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan bersama.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 06:20 WIB

Muhammadiyah: Konversi Hewan Kurban demi Korban Terdampak Pandemi

Islam Sehari-hari

Semangat berkurban untuk menolong sesama korban

13 Jul 2020 06:10 WIB

Lucian K. Truscott

Dahlan Iskan

Penumbangan patung di AS terus berlanjut. Nasib patung proklamator?

13 Jul 2020 06:00 WIB

F1 GP Styria, Kemenangan Perdana Hamilton Musim Ini

F1

Sejak awal balapan, Lewis Hamilton tampil dominan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...