Acara Rapat Koordinasi Bersama Pimpinan Media KPU Kota Surabaya. (Foto: Redaksi Ngopibareng.id)
Acara Rapat Koordinasi Bersama Pimpinan Media KPU Kota Surabaya. (Foto: Redaksi Ngopibareng.id)

4 Tahun Eksis, Ngopibareng.id Diminta Aktif Kawal Pilwali 2020

Ngopibareng.id Pilkada 02 December 2020 18:30 WIB

Sebagai salah satu media online terbesar di Surabaya dan Jawa Timur yang eksis mengudara sejak 2016, dengan pembaca rata-rata per hari ribuan orang, Ngopibareng.id menjadi salah satu media digital yang diminta secara langsung oleh KPU Kota Surabaya untuk mengawal dan aktif dalam pemberitaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya tahun 2020.

Bahkan beberapa hari jelang pencoblosan pada 9 Desember 2020, Ngopibareng.id mendapat undangan dari KPU Surabaya dalam mengikuti Rapat Koordinasi Bersama Pimpinan Media dengan tema 'Ajakan Memilih dan Datang ke TPS'.

Acara rapat tersebut dilakukan di Hotel Grand Darmo Suite Surabaya, Rabu 2 Desember 2020. Dalam rapat itu dijelaskan bahwa media-media online di Surabaya yang jelas dan terverifikasi Dewan Pers, seperti Ngopibareng.id diharapkan bisa aktif andil dalam kegiatan Pilwali Surabaya tahun ini.

Antara lain adalah turut aktif dalam iklan layanan masyarakat Pilwali Surabaya 2020, aktif dalam pemberitaan pelanggaran kampanye yang dilakukan paslon, hingga keberimbangan pemberitaan antar pasangan calon di Pilwali Surabaya 2020. Meski media tersebut mendapatkan iklan dari paslon tertentu.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Prov. Jatim, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, peran media online di Surabaya khususnya yang memiliki pembaca setia memiliki peran penting dalam seluruh tahapan Pilwali Surabaya.

Sebab, media adalah ujung tombak warga dalam memperoleh dan membagikan informasi yang sesuai dengan fakta dan aturan yang berlaku dalam setiap gelaran Pemilu.

"Kalau menemukan kecurangan atau pelanggaran, media harus aktif dalam memberitakan. Tidak masalah kok. Karena memang dalam tahapan kampanye, media adalah salah satu lembaga yang harus berperan aktif selain memang KPU, Bawaslu, dan lembaga negara lainnya," kata Gogot.

Gogot berharap Ngopibareng.id dan media terferivikasi dewan pers lainnya bisa sama-sama membantu mensukseskan penyelenggaraan Pilwali Surabaya 2020.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 18:05 WIB

Penerima Vaksin Pertama di India Malah Petugas Kebersihan

Internasional

Politisi dianggap bukan kelompok garda depan dalam menghadapi Corona.

16 Jan 2021 17:22 WIB

Pak Tjuk Sukiadi Telah Meninggalkan Kita Semua

Tokoh

Telah meninggal dunia hari ini Tjuk Kasturi Sukiadi.

16 Jan 2021 17:20 WIB

Mayat Pria Mengambang di Bawah Jembatan Suramadu

Surabaya

Belum diketahui identitasnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...