4 Pemain Absen Lawan Persipura, Aji: Maksimalkan Pemain yang Ada

18 Nov 2019 21:42 Liga Indonesia

Persebaya Surabaya tak bisa memainkan empat pemain andalan mereka, saat menghadapi Persipura Jayapura, Kamis 24 November 2019.

Keempat pemain itu adalah Ary Willian, Novan Setya, Muhammad Hidayat, dan Oktavio Dutra. Alasannya yakni mendapatkan akumulasi kartu.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso mengatakan, pihaknya sudah memiliki pengganti empat pemain yang absen.

"Kita ada empat pemain yang dipastikan tak akan turun, tapi saya tekankan kepada seluruh pemain, ketika ada pemain yang tidak bisa turun kita maksimalkan pemain lain," kata pelatih asal Malang, usai latihan di Gelora Delta Sidoarjo, Senin 18 November 2019.

Aji Santoso melanjutkan, bahwa dirinya tak akan terus memasang pemain yang sama di setiap pertandingan home atau away. Ia akan memaksimalkan semua pemain untuk turun dan memberikan kesempatan merumput.

Hal itu telah dibuktikan Aji Santoso di laga kontra PSM Makassar dan PS Tira Persikabo. Dalam dua pertandingan dia memimpin Persebaya, kondisi sejumlah pemain absen sudah terjadi. Baik karena cedera maupun timnas. Persebaya melaluinya dengan cukup bagus. Seri di kandang PS Tira Persikabo dan menang melawan PSM Makassar.

Aji Santoso mencoba beberapa pemain yang sebelumnya tak pernah merumput, atau minim jam terbang. 

"Saya ingin menciptakan suatu suasana kompetisi persaingan yang sehat di antara pemain, biar mereka dalam latihan tidak malas dan menggampangkan dan menumbuhkan rasa loyal mereka ke Persebaya," terang Aji Santoso.

Sementara itu, saat ditanya mengenai kekuatan calon tim lawan, Persipura Jayapura, Aji Santoso mengatakan tak mau terlalu mengukur lawan terlalu jauh. Karena ia tahu kekuatan Persipura di tangan Jacsen F. Thiago.

"Persipura awalnya misim ini dari bawah. Tapi sekarang sudah bisa naik di papan atas. Karena kita tahu semua Jacksen bisa membawa angin segar di tim itu, karena dia juga tahu semua karakter pemain," ujar Aji Santoso.

Saat ini, Persipura bertengger di peringkat dua klasemen sementara Liga 1 2019, dengan 44 poin dari 26 pertandingan. Sementara Persebaya masih berada di posisi ke-10 dengan 35 poin dari 27 laga.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini