4 Mushala Mall ini Bikin Orang Belanja Makin Betah

01 Sep 2019 05:17 Surabaya

Pusat perbelanjaan alias mall di Surabaya makin ramah bagi customer muslim. Hampir semua mall besar di kota pahlawan ini menyediakan tempat salat yang nyaman bagi pengunjungnya.

Ini berbeda dengan kondisi 10 tahun lalu. Dulu banyak mall yang menempatkan musholla atau masjidnya di tempat parkiran. Terkadang tempat kumuh. Jauh dari lokasi tempat belanja. Bikin mereka yang enggan ke mall kalau menabrak waktu salat.

"Tadinya kami pikir cukup dengan lantai marmer yang bagus. Ternyata setelah cari informasi ke berbagai sumber, Musholla yang bagus itu pakai karpet yang bagus," kata Herman Wijaya, owner Galaxy Mall kepada ngopibareng.id suatu ketika.

Inilah mall di Surabaya yang menyediakan tempat salat bagus bagi pelanggannya.

1. Mall Pakuwon Group

Pionir pusat perbelanjaan modern di Surabaya ini menyediakan mushala bagus di hampir semua mallnya. Di Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, dan Royal Plaza. 

Bahkan, mereka tidak hanya menyediakan musholla, tapi juga masjid. "Kami bikin masjid bagus yang digunakan salat Jumat di TP 2. Jadi, pelanggan tidak perlu keluar mall kalau hari Jumat," kata Direktur Pemasaran Pakuwon Group Sutandi Purnomosidi.

Masjid di TP 2 ini melengkapi masjid yang sudah biasa digunakan di TP 3. Sejak ada TP 5 dan 6, disediakan juga mushalla di sejumlah lantai. Ada yang khusus perempuan dan pria. Masjid juga tersedia di Royal Plaza, mall kelas menengah di bawah Pakuwon Group.

Bagian luar masjid di Tunjungan Plaza Surabaya
Bagian luar masjid di Tunjungan Plaza Surabaya.

2. Grand City Mall

Pusat perbelanjaan milik taipan Murdaya Po ini bisa disebut sebagai perintia mushalla mewah mall di Surabaya. Pemilik Pondok Indah Mall Jakarta ini tampaknya belajar dari customer di ibukota.

Di Jakarta memang lebih dulu banyak mall yang berlomba menyediakan mushalla bagus dan nyaman. Mereka berusaha memfasilitasi customernya sebaik mungkin. Apalagi, sejumlah mall di Jakarta menjadi meeting point bisnis dan segala lobi politik.

Musholla di Grand City Mall terletak di lantai 2. Di lokasi yang sangat strategis. Ada dua tempat wudlu untuk perempuan dan pria yang terpisah. Hanya tempat salatnya yang jadi satu. Dibatasi pembatas non permanen.

Tempat wudlu Mushalla Executive Grand City Mall
Tempat wudlu Mushalla Executive Grand City Mall.

3. Ciputra World Mall

Pusat perbelanjaan di Jalan Mayjen Sungkono ini juga telah menyediakan mushalla yang adem, nyaman, dan bersih. Gampang terjangkau oleh penonton bioskop yang tak jauh dari Musholla.

Yang menarik, di Mall yang satu block dengan apartemen dan hotel itu dipisahkan antara mushalla perempuan dan pria. Akses ke toilet bagi mereka yang akan ke mushalla juga gampang karena dekat.

Lokasinya yang strategis untuk meeting point business di Surabaya ini membuat keberadaan mushalla bagus dalam mall makin teras manfaatnya bagi customer. Mereka bisa berlama-lama di mall tanpa  takut kehilangan waktu salat.

Mushalla Ciputra World yang nyaman
Mushalla Ciputra World yang nyaman.

4. Galaxy Mall

Semula, pusat perbelanjaan di Surabaya Timur ini hanya menyediakan tempat salat di tempat parkiran. Namun setelah membangun mall baru yang konek dengan mall lama disediakan Mushalla Executive. 

Tempatnya istimewa. Di lantai 3, dekat dengan pintu Sky Bridge, jembatan yang menghubungkan mall lama dan baru. Mushalla besar dan mewah. Bahkan, paling mewah diantara mushalla mall di Surabaya karena ada view ke luar.

Mall yang memiliki food court tempat jujugan jajan kalangan kelas menengah atas ini juga makin ramai dan beragam pelanggannya. Dengan adanya mushalla baru ini, pelanggan tidak harus jalan jauh untuk bisa melaksanakan kewajiban salat 5 waktu.

Mushall Galaxy Mall dengan View luar yang indah
Mushall Galaxy Mall dengan View luar yang indah.