Foto ilustrasi Nizar Mohamad/ngopibareng.id

4 Cara Memposting Ulang Instagram Story, Gampang Kok...

Aplikasi 29 May 2020 04:48 WIB

Isi instagram berbasis gambar dan video. Karena itu, media sosial ini lebih digandrungi anak-anak muda yang lahir di era digital. Saat membuat gambar dan video segampang membuat narasi teks.

Konten instagram juga makin ciamik dan kreatif. Tidak hanya yang digarap secara profesional oleh para selebgram, tapi juga pengguna biasa. Terkadang, konten yang menarik merangsang pemilik akun instagram untuk memposting ulang.

Tapi bagaimana cara memposting ulang konmten instagram yang ciamik dan menarik? Ternyata ada etika atau komitmen yang harus dilalui sebelumnya. Ini yang disarankan seperti dikutip dari Techradar.com.

Dalam platform media sosial yang populer itu memang tidak ada opsi memposting ulang langsung dari aplikasi. Tapi panduan ini bisa diikuti jika kamu ingin melakukannya.

1. Pastikan Punya Izin Sebelum Posting Ulang

Dalam pedoman komunitas Instagram dengan tegas disebutkan jika memposting ulang konten bisa melanggar hukum dan hak cipta. Karena itu, sebelum kamu memposting ulang, sebaiknya mendapat ijin dulu dari pemilik konten untuk membagikan konten.

Selain setiap konten dilindungi hak ciptanya, Instagram juga mengharuskan untuk mendapatkan ijin tertulis dari pemilik konten, yang penting jangan lupa memasang kredit gambar.

Credit foto InstagramCredit foto: Instagram

Toh ada juga, instagram story milik para artis dan selebriti yang berkepentingan postingannya dibagikan ke anggota akunmu. Nah, yang demikian ini tetap perlu mencantumkan kredit gambar agar kamu terbiasa dengan etika ini.

2. Unduh Aplikasi Reposting Instagram

Instagram tak menyediakan aplikasi khusus untuk reposting konten. Karena itu, kamu perlu mengunduh salah satu dari banyak aplikasi reposting gratis. Yang populer adalah Repost + untuk perangkat IOS dan Posting Regram di Android. Usai mengunduh aplikasi --dan sekali lagi setelah dapat ijin dari pemilik konten-- buka Instagram dan buka pos yang ingin kamu kirim ulang. Pada iOS, ketuk ikon ‘...’, ketuk opsi ‘Bagikan’, lalu ketuk ‘Salin Tautan’. Jika kamu pengguna Android, ketuk ‘Salin URL Bagikan’.

Aplikasi posting ulang untuk IOSAplikasi posting ulang untuk IOS.

3. Repost di Instagram

Setelah kamu mendapat mendapatkan tautannya, buka aplikasi Repost yang kamu pilih. Nah, konten yang hendak kamu bagikan akan muncul secara otomatis. Jika tidak, cukup tempel tautan yang sesuai. KAMU harus melihat beberapa opsi untuk menempatkan tanda atribusi atau cukup dengan menyalin teks asli posting. Kamu bisa mengubah judul untuk lebih menarik postingan di akun kamu.

Aplikasi reposting akan membawa kamu kembali ke Instagram. Namun, ada beberap hal yang perlu dilakukan. Kamu dapat memposting ulang konten ke umpan atau sebagai cerita dan membuat penyesuaian pada gambar dengan memilih filter yang berbeda. Ada baiknya, agar tidak menyalahi hak cipta disarankan untuk tidak mengubah gambar.

4. Cara Bagikan Konten dari Feed ke Insta Story-mu

Di Instagram, berbagi Instagram Story seseorang lebih mudah dibanding dengan mengirim ulang Instagram Story milik orang lain. Caranya cukup ketuk ikon panah yang terletak di sebelah gelembung komentar, ketuk ''Tambahkan kiriman ke cerita kamu'', hiasi sesuka kamu --misalnya dengan menambahkan musik ke Instagram Story, lalu ketuk Kirim Ke> Bagikan @ Kisah Anda> Selesai.

Credit foto InstagramtechradarcomCredit foto: Instagram/techradar.com

Ingat bahwa kamu hanya dapat membagikan pos dari feed kamu jika akun pengguna bersifat publik dan bahwa mereka telah mengizinkan pos mereka untuk dibagikan ulang. Jika kamu ingin mengaktifkan pembagian ulang, buka profil kamu dan ketuk menu hamburger. Ketuk ‘Pengaturan> Privasi> Kisah’, lalu ketuk ‘Izinkan Membagikan Ulang ke Cerita’.

Silakan mencoba!

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 05:30 WIB

Muhammadiyah Salurkan Bantuan Bagi Pengungsi Rohingya di Aceh

Khazanah

Wujudkan Ta'awun Universal

05 Jul 2020 02:28 WIB

Belajar Dulu Baca Al-Quran kepada Ahlinya, Sebelum Jadi Ustadz

Islam Sehari-hari

(Sebuah Catatan untuk Felix Siauw)

05 Jul 2020 01:59 WIB

Mina Vs Jimin AOA, Korban Bully Selama 10 Tahun

ngopiK-pop

Mina mengaku jadi korban bully rekannya, Jimin di girl group AOA.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...