Image credit: Eassos

4 Aplikasi Terbaik Kembalikan Data Komputer

Aplikasi 23 May 2020 10:37 WIB

Bukan hanya satu orang saja yang menggunakan perangkat komputer sebagai wadah untuk menyimpan file penting. Bisa dikatakan semua pengguna komputer melakukan hal yang sama. Baik itu menyimpan file dokumen, foto, video dan jenis data lainnya.

Memilih komputer untuk menyimpan data penting bukan tanpa alasan, melainkan banyak yang beranggapan akan mendapatkan kemudahan ketika akan mengakses kembali data yang sudah disimpan sebelumnya.

Data yang tersimpan juga mudah dibuka kapan pun ingin melakukannya. Hal lain yang menjadi alasan memilih komputer sebagai penyimpanan data karena kapasitas yang ada cukup memungkinkan menyimpan data dengan ukuran yang besar, atau dengan file jumlah banyak.

Terlepas dari kemudahan untuk menyimpan beberapa data yang dimiliki pada perangkat komputer tentunya juga memiliki risiko juga. Salah satunya bisa terhapus dengan mudah, baik itu yang terhapus karena tidak sengaja, sampai pada terjadinya maintenance komputer.

Kehilangan data yang sudah disimpan tentunya merupakan permasalahan menyebalkan, terlebih bila ingin menggunakan pada keadaan tertentu.

Tetapi perlu diketahui, bila data komputer tetap bisa dikembalikan sesuai dengan file aslinya. Hanya saja harus menggunakan beberapa aplikasi tambahan yang terpercaya dan bisa mengatasi hal tersebut.

Berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi terbaik yang bisa anda gunakan. Terlebih dengan tujuan untuk mengembalikan data yang hilang pada komputer. Beberapa aplikasi yang dimaksudkan antara lain yakni sebagai berikut:

1. Aplikasi Recuva

Software rekomendasi pertama yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan data yang hilang pada komputer yakni Recuva. Semua pengguna komputer bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Perlu diketahui bila keunggulan dari aplikasi Recuva ialah mudah dioperasikan. Sekalipun dioperasikan oleh kalangan baru atau bahkan oleh orang awam sekalipun. File yang bisa dikembalikan juga bisa berupa format dalam folder, dokumen biasa serta jenis data lainnya yang ada dalam komputer.

2. Aplikasi TestDisk

Aplikasi gratis dan rekomendasi terbaik lainnya yang bisa digunakan untuk mengembalikan data hilang pada komputer ialah TestDisk. Ketika anda menggunakan aplikasi ini, maka anda juga bisa mengembalikan partisi yang hilang pada komputer.

Hal menarik lainnya dari aplikasi ini ialah merupakan Aplikasi open source. Kemudian aplikasi ini juga termasuk juga dalam muti-platform. Keunggulan lainnya dari aplikasi Testdisk ialah kapasitas ukuran yang dimiliki cukup kecil. Tentunya aplikasi ini tidak akan memenuhi memori komputer atau lambat saat digunakan.

Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan aplikasi TestDisk yakni mengatasi kerusakan yang terjadi pada Hard Disk. Contohnya bisa mengatasi kasus Unallocated Partition atau sering dikenal dengan RAW Partition. Hal seperti ini biasanya paling sering didapatkan pada pengguna windows.

3. Aplikasi Pandora

Aplikasi selanjutnya yang menjadi rekomendasi terbaik untuk mengembalikan data pada komputer ialah Pandora. Dengan Pandora maka data yang hilang pada perangkat komputer bisa dikembalikan. Bahkan pengembalian data yang hilang bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Recuva salah satu aplikasi kembalikan dataRecuva, salah satu aplikasi kembalikan data.

Hal menarik lainnya dari aplikasi Pandora ialah mampu mengembalikan data yang sudah terhapus dari Recycle Bin. Tentunya aplikasi ini sangat membantu anda ketika ingin mengembalikan semua isi Recycle bin yang sudah lama hilang atau tidak sengaja di hapus sebelumnya.

Data yang bisa dikembalikan harus masih dalam jangka waktu 1 bulan. Bila sudah melewati waktu tersebut akan sedikit sulit mengembalikan data yang diinginkan. Keunggulan lainnya dari aplikasi tersebut yakni dengan ukuran yang kecil, serta bisa dijalankan pada windows 7, windows 8 serta windows 10.

4. Aplikasi GetBackData

GetBackData juga merupakan aplikasi rekomendasi terbaik digunakan ketika ingin mengembalikan data hilang pada komputer.

Aplikasi ini juga sering dikatakan salah satu aplikasi terbaik saat ini. Semua itu berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Kemudian aplikasi ini juga banyak digunakan beberapa kalangan masyarakat sampai saat ini.

Beberapa jasa service komputer juga sebenarnya sering menggunakan aplikasi ini ketika ingin mengembalikan data pada komputer klien mereka.

Melalui aplikasi ini, hampir semua data yang ada pada komputer bisa dikembalikan dengan normal. Jadi anda bisa dengan mudah mendapatkan data penting yang sudah hilang pada komputer dalam waktu cepat dengan menggunakan aplikasi Getbackdata.

Namun perlu diketahui, bila data yang sudah hilang pada komputer dengan jumlah atau kapasitas cukup besar, maka diperlukan waktu cukup lama juga untuk mengembalikannya. Itu semua terjadi karena aplikasi getbackdata mengambil atau memulihkan data dengan sempurna.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini yakni dengan kapasitas cukup kecil. Dengan demikian mudah sekali untuk menggunakannya atau instal aplikasi ini pada komputer dengan kapasitas memori yang sangat kecil.

Nah, Itulah beberapa aplikasi rekomendasi terbaik yang bisa digunakan untuk mengembalikan data hilang pada komputer anda saat ini.

Selanjutnya giliran anda memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk mengembalikan semua data yang hilang pada komputer milik anda. Semoga dengan penjelasan ini anda bisa mendapatkan semua data yang sudah hilang, dan bisa mendapatkannya secara utuh seperti yang anda inginkan.

Melalui aplikasi yang sudah disebutkan di atas, diharapkan anda tidak panik lagi untuk mengembalikan data hilang pada komputer.

Penulis : Azhari

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 02:04 WIB

Pemkot Surabaya Minta Warga Belanja ke Tetangga

Surabaya

Sehingga pelanggaran PSBB bisa diminimalisir dan ekonomi tetap jalan

29 May 2020 01:30 WIB

DPRD Surabaya Setuju New Normal Diterapkan di Kota Pahlawan

Surabaya

Awi mengatakan, itu akan kembali menghidupkan lini masyarakat

29 May 2020 01:30 WIB

Petisi Tunda Masuk Sekolah Selama Pandemi

Pendidikan

Orangtua khawatir anak-anaknya akan tertular virus corona jika sekolah lagi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.