Sebanyak 37 pasien RSHU akhirnya pulang setelah hasil swabnya dua kali negatif Covid-19. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Kebahagiaan 37 Pasien Covid-19 RSHU Pulang, Hasil Swab Negatif

Kesehatan 05 June 2020 17:46 WIB

Kebahagiaan terpancar dari wajah 37 pasien Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) Surabaya. Mereka telah lepas dari bayang-bayang virus corona atau Covid-19. Para pasien ini menjalani rawat inap selama tiga minggu.

Selama dirawat, 37 pasien tersebut menjalani dua kali swab dan hasilnya negatif maka 37 pasien tersebut diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing, pada Jumat 5 Juni 2020.

Setelah pulang ke rumah, para pasien diimbau berhati-hati menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan selama pandemi corona, agar mereka tidak terjangkit virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, China itu.

Dari pantauan Ngoopibareng.id, kepulangan 37 pasien ini terbilang istimewa. Mereka dilepas pihak manajemen rumah sakit di lobi utama RSHU. Puluhan pasien ini berpamitan dengan para tenaga medis yang telah merawat hingga dinyatakan sembuh.

Para pasien mengenakan masker bedah standar medis. Tak ada kata yang terucap. Mereka memegang kertas yang tercetak rapi dengan tulisan "Terima Kasih Tenaga Medis RS Husada Utama" dan "Kami Sembuh".

Setangkai bunga mawar merah pun menjadi cindera mata untuk para tenaga medis. Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang turut menghadiri pelepasan pasien kepada  keluarganya ini juga memberikan bunga kepada para tenaga medis RSHU.

"Simbolis ucapan terima kasih. Mereka (tenaga medis RSHU) sudah merawat warga Surabaya yang terpapar Covid-19," ucap Risma.

Usai pemberian bunga secara simbolis tersebut, para pasien satu per satu berjalan keluar rumah sakit bak pragawati yang melenggang di antara para tenaga medis. Para pasien dan tenaga medis saling melambaikan tangan tanda perpisahan.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini memberikan bunga sebagai tanda terima kasih untuk para tenaga medis RSHU Surabaya yang telah merawat warga Surabaya yang terpapar corona Foto Pita SariNgopibarengidWalikota Surabaya Tri Rismaharini memberikan bunga sebagai tanda terima kasih untuk para tenaga medis RSHU Surabaya yang telah merawat warga Surabaya yang terpapar corona. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Dirut RS Husada Utama dr Didi D Dewanto SpOG mengatakan, pelepasan semacam ini dilakukan yang pertama untuk memberi semangat para tenaga medis dan kesehatan yang sudah merawat pasien.

"Dengan adanya pelepasan ini, ibu Walikota juga hadir. Kami ingin memberi semangat para nakes (tenaga kesehatan) yang sudah merawat pasiennya sampai sembuh," kata Didi.

Selain memberi semangat nakes, pihaknya juga ingin masyarakat yang sembuh dari covid-19 dan keluar dari rumah sakit, juga mendapatkan semangat baru dan kepercayaan diri untuk kembali ke tengah masyarakat.

Didi menjelaskan, kesembuhan 37 pasien yang dipulangkan tersebut tak lepas dari treatment yang diberikan RS ataupun para nakes. Nakes memberikan semangat di samping obat dan terapi yang dilakukan dokter paru-paru.

"Kami juga di sini menyedikan hiburan seperti menonton TV, internet yang bisa digunakan semua pasien untuk streaming menonton film atau drakor (drama Korea Selatan). Hiburan ini juga ikhtiar kami untuk meningkat imun pasien," ungkap Didi.

Saat ini, RS Husada Utama merawat 36 pasien Covid-19 yang masih menunggu hasil tes swab keduanya keluar. "34 pasien menunggu hasil swab kedua keluar, kalau negatif semua kemungkinan besok juga pulang. Sementara dua lainnya masih harus dirawat lebih lanjut karena hasil swabnya masih positif," pungkas Didi.

Pasien Covid19 yang sudah sembuh terdiri dari pria wanita dan anakanak menjalani perawatan selama tiga minggu Foto Pita SariNgopibarengidPasien Covid-19 yang sudah sembuh, terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak menjalani perawatan selama tiga minggu. (Foto: Pita Sari/Ngopibareng.id)

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 17:45 WIB

Didukung Umat Nahdliyin, Machfud: Benahi Situs-situs Islam

Pilkada

Kota Surabaya menjadi sejarah perkembangan Islam.

20 Sep 2020 17:24 WIB

K-Movie Luck-Key: Pembunuh Bayaran yang Hilang Ingatan

Film

Luck-Key film bergenre aksi komedi.

20 Sep 2020 17:19 WIB

Jemput Kemenangan Gus Ipul, PKS Terjunkan Kader Hingga ke TPS

Pilkada

PKS akan menerjunkan kader hingga ke TPS.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...