Press conference di Sari Pacific, Jakarta, Jumat (6/7). foto:kemenpar
Pertama Digelar

34 Kontestan Berebut Paling Cantik di Miss Grand Indonesia

Event 06 July 2018 22:43 WIB

Satu lagi kontes kecantikan digelar. Miss Grand Indonesia namanya. Ditandai dengan press conference di Sari Pacific, Jakarta, Jumat (6/7). Menariknya, juara Miss Grand Indonesia akan mendapatkan 1 unit apartement.

Dalam edisi perdana ini 34 kontestan akan berkompetisi. Akan dilaksanakan 9 hingga 21 Juli 2018.

Presiden Miss Grand Indonesia Dikna Faradiba mengatakan, pemenang dari ajang ini akan mewakili Indonesia di Miss Grand International, di Myanmar.

"Kontes ini didukung oleh Kementerian Pariwisata, serta Kementerian Sosial RI. Kontes akan mengungkapkan kecantikan perempuan Indonesia dari keragaman suku bangsa dan budaya," kata Presiden Miss Grand Indonesia Dikna Faradiba.

Meski perhelatan perdana, Miss Grand Indonesia langsung tampil menggebrak. Ajang yang mengangkat tema Beauty in Diversity itu menggaet designer Ivan Gunawan sebagai Advisor of Miss Grand Indonesia.

Selain itu para peserta nantinya akan memperebutkan sebuah mahkota bertahtakan berlian penuh. Mahkota yang pertama kalinya ada di Indonesia. Nilainya pun cukup fantastis, senilai Rp 3 Miliar. Mahkota tersebut mempunyai komposisi 7.640 butir berlian dan Ruby, dengan total 71 karat.

Mahkota didesain khusus oleh designer aksesoris dunia asal Indonesia, Rinaldy Yunardi. Beliau adalah maestro yang karyanya banyak dikenakan bintang Hollywood. Seperti Kylie Jenner, Madonna, serta Beyonce.

“Saya ingin Miss Grand Indonesia ini menjadi ajang bagi wanita-wanita terbaik Indonesia untuk menunjukkan kualitas dirinya. Untuk kemudian menggapai cita-cita dan impiannya dengan menyandang gelar Miss Grand Indonesia," ujar Dikna.

Dengan ajang ini, ia berharap para peserta akan termotivasi untuk semakin memperkenalkan Indonesia ke ajang dunia.

"Harapan saya, pada tahun- tahun mendatang, Miss Grand Indonesia akan menjadi ajang beauty pageants yang menjadi impian seluruh wanita muda Indonesia.” imbuhnya.

Para finalis Miss Grand Indonesia berkesempatan menggunakan koleksi terbaik beberapa designer muda papan atas Indonesia. Di babak opening dance, seluruh finalis akan menggunakan karya disigner Hengki Kawilarang. Sedangkan di babak Final Top mereka akan mengenakan koleksi besutan designer Ivan Gunawan.

"Masyarakat luas tidak perlu khawatir, karena akan dapat menyaksikan langsung malam Grand Final ajang Miss Grand Indonesia 2018 ini yang akan disiarkan secara langsung di SCTV," pungkasnya.

Dukungan penuh disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menpar mengatakan ajang ini merupakan ajang penting untuk memilih wakil Indonesia diajang Miss Grand Internasional. Keikutsertaan Indonesia diajang tersebut akan menjadi promosi yang efektif dalam mempromosikan Indonesia.

"Terbukti ketika Ariska Putri Pertiwi, terpilih sebagai Miss Grand International 2016. Nama Indonesia langsung tersebar luas ke penjuru dunia. Belum lagi Dea Rizkita yang menyabet Best National Costume dan Top Vote pada ajang tersebut di tahun 2017. Media value-nya sangat besar. Untuk itulah Kemenpar akan terus mendukung ajang ini," ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menambahkan, Kementerian Pariwisata terus melebarkan kerja sama dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional. Termasuk dalam memanfaatkan anak bangsa di ajang internasional sebagai endorser.

"Miss Grand International adalah salah satu kontes kecantikan terbesar selain Miss Universe. Impact-nya juga besar. Kemajuan industri Pariwisata Indonesia pun salah satunya dari peran para endorser. Putri kecantikan Miss Grand Indonesia, nantinya harus memiliki misi sama dengan Kementerian Pariwisata, mempromosikan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia,” pungkas Menpar Arief Yahya. (*)

Penulis : Widi Kamidi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 10:30 WIB

HUT RI Saat Pandemi, Kemenparekraf Bikin Lomba Berhadiah Semiliar

Nasional

Peringatan dirayakan di tengah pandemi Covid-19.

27 Oct 2019 16:05 WIB

Pemakai Jasa PA Kabur, Mirip Kasus Vanessa Angel

Hukum

PA ditetapkan sebagai tersangka. Namun, pria hidung belang pemakai jasanya kabur.

30 Sep 2019 23:22 WIB

Desa Wisata harus Tetap Menjadi Desa, Alami, Minimkan Plastik

Destinasi

Para pengelola desa wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat suntikan moral.

Terbaru

Lihat semua
14 Aug 2020 05:00 WIB

Populer Saat Covid-19, Ini Penjelasan Resesi

Ekonomi dan Bisnis
14 Aug 2020 04:56 WIB

Singkirkan Atletico Madrid, RB Leipzig Cetak Sejarah

Liga Champions
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...