Ilustrasi TKI. (Foto: Antara)
Ilustrasi TKI. (Foto: Antara)

32 TKI Ilegal Kembali Diamankan dari Jalur Tikus Kalimantan

Ngopibareng.id Nusantara 05 March 2020 05:32 WIB

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kembali mengamankan puluhan calon TKI ilegal tujuan Negeri Sabah, Malaysia pada sejumlah tempat yang dijadikan penampungan dan jalur penyeberangan ke negara itu.

Kepala BP2MI Nunukan, Kombes Pol Hotma Viktor Sihombing, pada Rabu, 4 Maret 2020 kemarin turun langsung melakukan razia tersebut bertepatan dengan kedatangan kapal PT Pelni KM Bukit Siguntang dari Sulawesi Selatan.

Sejumlah jalur penyeberangan TKI ilegal selama ini didatangi dan diawasi seperti Jembatan Haji Putri Gang Kakap Kelurahan Nunukan Timur, Pangkalan Pos TNI AL RT 12 Kelurahan Nunukan Timur, penampungan di Sei Sembilan Kelurahan Selisun, penampungan di Pasir Putih Kelurahan Nunukan Tengah dan lain-lainnya.

Pantauan pada sejumlah lokasi, jajaran BP2MI Nunukan dibantu Satpol PP dan kepolisian langsung menginterogasi penumpang yang baru turun dari KM Bukit Siguntang baik tujuan maupun identitas kependudukan yang dimiliki.

Hingga pukul 18.00 Wita, sebanyak 32 orang yang diamankan termasuk dua anak laki-laki dan satu anak perempuan, 15 perempuan dan 14 laki-laki. Hampir semua calon TKI yang diamankan ini memiliki paspor tetapi tidak menggunakan jalur resmi atau pos pemeriksaan imigrasi.

BP2MI Nunukan bersama aparat kepolisian dan Satpol PP masih melakukan razia pada sejumlah rumah warga yang dicurigai dijadikan penampungan TKI ilegal. Hotma menyebutkan, razia mulai dilakukan sekira pukul 13.30 Wita hingga pukul 18.00 Wita.

Razia ini rutin digelar sebagai bentuk antisipasi pemberangkatan TKI ke Negeri Sabah secara ilegal. (ant)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Jan 2021 19:15 WIB

Sejumlah Kafe di Kota Malang Alami Penurunan Omzet saat PPKM

Ekonomi dan Bisnis

Penurunan omzet itu disebabkan karena sepi pengunjung.

17 Jan 2021 19:02 WIB

Muhammadiyah Pelopor Pendidikan Modern, Pesan Heri Akhmadi

Khazanah

Kader PDPI jadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang

17 Jan 2021 18:45 WIB

Seminggu PPKM, 14 Tempat Usaha Disanksi karena Langgar Prokes

Surabaya

Pemkot Surabaya gencarkan operasi yustisi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...