Ilustrasi.

3 Tips Membuat Anak Tumbuh Bahagia dan Sehat

Kesehatan 22 September 2019 16:23 WIB

Praktisi psikolog pendidikan anak, Elizabeth Santosa MPsi Psi SFP ACC mengungkapkan, pertumbuhan anak yang baik ialah anak yang tumbub dengan bahagia dan sehat.

Tentunya, peran orangtua sangat penting mengenai hal ini. Elizabeth Santoso memberikan beberapa tips yang bisa dipraktikkan orangtua agar bisa membentuk anak tumbuh bahagia dan sehat. Berikut ulasannya.

1. Nutrisi

Agar anak tumbuh bahagia, aspek kesehatan yaitu nutrisi tentunya harus tercukupi dengan baik.

"Paling penting saluran pencernaanya harus bagus, kalau saluruan pencernaan normal, nutrisi yang masuk ke tubuh, pasti akan maksimal dan bermanfaat bagi tumbuh kembanganya," kata Elizabeth Santoso.

2. Management Waktu

Waktu tidur yang cukup bagi anak-anak akan membantun sel-sel dalam tubuhnya berkembang dengan baik. 

"Management waktu dalam hal ini ialah waktu tidur, sama seperti orang dewasa kalau anak-anak tidurnya kurang juga akan rewel," jelas Elizabeth Santoso.

3. Emosi Positif

Jika ingin anak berkembang dengan bahagia, tentunya orangtua tidak bisa diam saja.  Orangtua harus menunjukan dan memberi contoh kepada anak mengenai emosi positif. 

"Emosi positif dalam hal ini bercanda bersama, pelukan, kata-kata sayang. Bagaimana anak mau tumbuh bahagia kalau orang tuanya diam saja dan tidak menunjukan emosi positif," terang Elizabeth Santoso.

Ia lalu menambahkan, nantinya akan sangat terlihat berbedaan anak yang tumbuh dengan emosi positif dibandingkan anak yang tumbuh dengan keluarga yang pasif. 

"Meskipun anak nempel terus dengan orang tua kalau orang tuanya diam saja juga tidak berdampak. Tapi kalau orangtua memberikan emosi positif, berbicara tentang yang positif, bercanda, memeluk tentunya akan berdampak positif juga bagi perkembangan emosi anak," tutupnya. 

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 16:10 WIB

Tips untuk Orang Tua saat Social Distancing dari Kak Seto

Tips

Tips untuk mengajar dengan gembira.

09 Jan 2020 12:20 WIB

Anak Berisiko Depresi Jika Terus Dipaksa Belajar

Kesehatan

Orang tua harus pandai membuat suasana belajar jadi menyenangkan.

04 Aug 2019 19:02 WIB

Tips Parenting Arzeti Bilbina, Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Tips

Arzeti Bilbina memberikan tips parenting, di ngopibareng.id.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...