3 Tahun Berjuang Lawan Kanker, Bintang Telenovela Esperanza Wafat

15 Jun 2019 19:30 Selebriti

Edith Gonzales menghembuskan nafas terakhirnya setelah tiga tahun terkena kanker rahim stadium 4. Wanita berusia 54 tahun itu meninggal dunia pada Kamis, 13 Juni 2019.

Pada Agustus 2016, artis Meksiko ini mengungkapkan bahwa dokter menemukan sel-sel kanker di perutnya. Meski divonis kanker, Edith tetap terlibat dalam sejumlah aktivitas traveling ke berbagai negara.

Edith sempat dinyatakan sembuh dari kanker di tahun 2017 setelah fokus menjalani pengobatan. Dia melakukan kemoterapi hingga menggunduli rambutnya. Namun, di tahun yang sama, kanker itu muncul lagi hingga merenggut nyawanya.

Edith Gonzales meninggalkan suami, Lorenzo Lazo, dan seorang putri, Constanza yang berusia 14 tahun.

Nama Edith Gonzales cukup dikenal oleh penonton TV Indonesia pada era 90-an. Dua telenovelanya, Hati yang Berduri dan Esperanza dengan lawan mainnya Fernando Colunga, pernah tayang di SCTV dan mendapat sambutan cukup hangat. Terakhir, ia bermain telenovela pada tahun 2016, berjudul Eva La Trailera.

Setelah divonis kanker stadium 4 pada tahun 2016, Edith Gonzales memang tidak lagi bermain telenovela. Tapi bukan berarti dia berhenti total dari industri hiburan. Edith Gonzales masih terlibat sebagai juri dalam acara realitas berjudul This is My Style yang tayang di salah satu stasiun TV Meksiko.

Aktris kelahiran Monterrey, Nuevo León, Mexico sudah terjun ke industri telenovela saat masih kecil, yaitu di tahun 1970 lewat judul Cosa juzgada. Sepanjang tahun 1970-an dan 1980-an, Edith dipadatkan dengan jadwal syuting dalam beberapa telenovela, seperti Bianca Vidal dan Rosa Salvaje. Beberapa film lain yang ia perankan diputar di kota kelahirannya, Meksiko.

Edith Gonzales saat bermain di telenovela Esperanza dengan lawan mainnya Fernando Colunga
Edith Gonzales saat bermain di telenovela Esperanza dengan lawan mainnya Fernando Colunga.

Pada tahun 1993, Edith Gonzales mendapat tawaran untuk memerankan Monica di Corazon salvaje. Awalnya dia sempat menolak, namun akhirnya diterima setelah diyakinkan oleh kakaknya. Ternyata, serial ini membuat karirnya semakin melejit.

Edith Gonzales sempat vakum dalam dunia seni peran setelah melakukan perjalanan ke Paris untuk berlatih balet. Kemudian, dia melanjutkan perjalanan ke Los Angeles, Amerika Serikat untuk syuting kampanye iklan kosmetik. Di sana, dia juga belajar bahasa Inggris.

Pada tahun 2001, Edith Gonzales kembali ke Meksiko dan melanjutkan karir aktingnya. Ia mengambil bagian dalam serial Salome. Ada puluhan judul telenovela lainnya yang dia bintangi selama empat dekade. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini