Adaptasi Film Korea, Ini 3 Perbedaan Bebas dengan Sunny

07 Oct 2019 14:40 Film

Film Bebas merupakan karya terbaru dari Mira Lesmana dan Riri Riza. Seolah ingin mengulang kesuksesan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC dan AADC 2), tema persahabatan kembali diusung dalam film Bebas.

Ya, tema persahabatan sepertinya mampu membuat film ini menjadi media yang tepat untuk banyak orang bereuni sehingga kehadirannya mendapatkan respons yang cukup positif.

Film Bebas merupakan adaptasi dari salah satu film terlaris asal Korea berjudul Sunny. Tentunya membuat ulang film yang sudah ada dan diceritakan kembali mempunyai tantangan yang cukup sulit.

Namun, dibalik tantangan yang sulit itu, Mira Lesmana sebagai penulis dan produser dalam fim ini meyakinkan, Bebas memiliki perbedaan dari Sunny. Sehingga ceritanya dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Berikut ini 3 perbedaan Bebas vs Sunny menurut Mira Lesmana:

1. Tokoh Utama

Dalam film Sunny tokoh utama adalah 7 orang perempuan yang tergabung dalam gang sunny. Film Bebas hanya ada 6 tokoh utama, yaitu 5 orang perempuan dan 1 orang laki-laki yang tergabung dalam gang Bebas.

Menurut Mira Lesmana, ada pertimbangan khusus mengapa memilih 6 orang sebagai rokoh utama, dan bukan 7.

"Ada beberapa hal yang kami pertimbangkan, tentunya mengenai tokoh dan jalan cerita. Dan diputuskan untuk film Bebas tokoh utamanya 6 orang ini," ucap Mira Lesmana, ditemui ngopibareng.id dalam acara meet and greet di Royal Plaza Surabaya, Minggu 6 Oktober 2019.

2. Tokoh Laki-Laki di Gang Bebas

Satu-satunya tokoh utama lelaki di gang Bebas, yang diperankan Baim Wong, sebenarnya tidak ada dalam film aslinya, Sunny.

"Dalam film aslinya kenapa kok perempuan semua karena memang di Korea sekolah khusus perempuan. Tapi kalau di sini kan sekolahnya jadi satu, perempuan dan laki-laki. Jadi supaya lebih dekat dengan masyarakat adalah tokoh laki-laki yang bernama Jojo ini," jelas Mira Lesmana.

Banyak yang sudah menonton film Bebas merasa karakter Jojo melengkapi 6 perempuan di gang Bebas ini.

3. Beda Masa

Bila dalam film Sunny berlatar belakang tahun 80-an, dalam fim Bebas berlatar belakang tahun 90-an.

"Kenapa kami pilih berlatar belakang tahun 90-an saat mereka SMA, karena tahun 90-an Indonesia kan punya cerita, itu tahun reformasi yang pastinya punya cerita dan bersejarah," ujar Mira Lesmana.

Film Bebas adalah sebuah cerita yang lebih kuat dari sekadar persahabatan. Menunjukkan sikap dan kematangan karakter seseorang ketika dia sudah tumbuh dewasa.

Film bergenre drama komedi ini dibintangi sejumlah artis ternama seperti Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barends, Baim Wong, Widi Mulia serta Salvita Decorte. Film ini juga diramaikan oleh bintang muda seperti Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Priscilla, Zulfa Maharani, Lutesha serta Baskara Mahendra.

Bebas merupakan film yang diproduksi Miles Films, CJ Entertainment bersama Ideosource Entertainment dan BASE Entertainment.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini