Laga pembuka pekan kelima Liga Inggris, Liverpool vs Everton di Stadion Goodison Park, markas Everton, Sabtu 17 Oktober 2020. (Foto: Twitter @premierleague)
Laga pembuka pekan kelima Liga Inggris, Liverpool vs Everton di Stadion Goodison Park, markas Everton, Sabtu 17 Oktober 2020. (Foto: Twitter @premierleague)

3 Kesialan Liverpool di Laga Kontra Everton

Ngopibareng.id Liga Inggris 18 October 2020 04:34 WIB

Liverpool gagal membawa pulang tiga poin saat bertandang ke markas Everton di pekan kelima Liga Inggris 2020-2021, Sabtu 17 Oktober 2020 malam WIB. Setelah melalui 90+3 menit pertandingan di Stadion Goodison Park, laga pembuka pekan kelima Liga Inggris itu berakhir sama kuat 2-2.

Sebenarnya, Liverpool hampir menang 3-2 dalam laga ini. Namun, gol Jordan Henderson yang dibuat di masa injury time digagalkan Video Asisstant Referee (VAR). Saat itu, sebelum Jordan Henderson mencetak gol, Sadio Mane terlihat berada di posisi offside.

Wasit Michael Oliver yang memimpin pertandingan mendapat laporan dari tim teknis VAR. Hasilnya, gol Jordan Henderson yang dapat membuat Liverpool menang 3-2 atas Everton itu dianulir.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp mengaku kebingungan dengan penggunaan VAR di Liga Inggris. "Saya tidak tahu di mana garis batas terakhir sehingga Anda dinyatakan dalam posisi offside. Jenis offside ini (gol Henderson) sangat berbeda dengan insiden Van Dijk dan Pickford," kata Klopp dikutip dari situs BBC Sport.

Hasil pertandingan Liverpool vs Everton yang dikenal dengan sebutan Derbi Merseyside Grafis Twitter premierleagueHasil pertandingan Liverpool vs Everton yang dikenal dengan sebutan "Derbi Merseyside". (Grafis: Twitter @premierleague)

Selain Gol Dianulis, 2 Kesialan Lainnya

Liverpool tercatat dua kali "dirugikan" oleh keputusan wasit setelah melihat tayangan VAR. Di laga bertajuk "Derbi Merseyside" itu, juara bertahan Liga Inggris tersebut kehilangan bek andalan, Virgil van Dijk. Ia mesti ditarik keluar karena cedera pada menit ke-11. Pesepakbola berpaspor Belanda itu mengalami cedera setelah ditendang kiper Everton, Jordan Pickford, di kotak penalti.

Lantas, apa hukuman yang diterima Pickford? Kiper Tim Nasional Inggris itu tidak mendapatkan hukuman karena sebelum Van Dijk masuk ke kotak penalti Everton, eks pemain Southampton itu lebih dulu terjebak offside.

Ketiadaan Van Dijk rupanya menjadi petaka bagi Liverpool. Sebab, dua gol Everton yang dikemas Michael Keane dan Dominic Calvert-Lewin diciptakan lewat sundulan, atau spesialis utama Van Dijk.

Kesialan Liverpool selanjutnya adalah cederanya Thiago Alcantara. Sang gelandang yang menciptakan 70 umpan sukses dalam laga malam ini mendapatkan tekel keras dari penyerang Everton, Richarlison, di masa injury time.

Richarlison memang mendapat kartu merah dari wasit. Namun, Thiago terlihat mengalami cedera dan jelas ini kabar buruk bagi Liverpool. Tentu hal yang memberatkan bagi Liverpool jika satu per satu pemain mereka masuk ke ruang perawatan.

Jalannya Pertandingan

Kejar-mengejar gol terjadi antara Liverpool vs Everton. Anak asuh Juergen Klopp unggul lebih dulu lewat sepakan kaki kanan Sadio Mane pada menit ketiga, memanfaatkan assist Andy Robertson.

Kemudian Everton menyamakan kedudukan lewat sundulan Michael Keane (19’), memanfaatkan sepakan penjuru James Rodriguez. Selanjutnya, Liverpool kembali unggul lewat sepakan kaki kiri Mohamed Salah pada menit 72, namun Everton menyamakan kedudukan menjadi 2-2 via sundulan Dominic Calvert-Lewin delapan menit berselang, memanfaatkan umpan silang Lucas Digne.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Oct 2020 00:29 WIB

105 Orang Tewas Akibat Banjir di Vietnam

Internasional

Lima juga orang terdampak.

20 Oct 2020 23:48 WIB

Tak Ada Lagi Zona Merah, 50 Persen Daerah di Jatim Zona Kuning

Jawa Timur

Satgas Covid-19 mencatat 50 persen daerah di Jatim berada di Zona Kuning.

20 Oct 2020 23:30 WIB

Jateng Gelar UKM Virtual Expo

Nusantara

Pameran virtual digelar di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...