Ilustrasi. (Foto: Google)
Ilustrasi. (Foto: Google)

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Mata Bintitan

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 27 July 2019 04:05 WIB
RS Mata Undaan

Hordeolum atau biasa disebut bintitan berdasarkan tempatnya terbagi menjadi 2 jenis yakni, Hordeolum interna, terjadi pada kelenjar meibom. Pada hordeolum interna ini benjolan mengarah ke konjungtiva (selaput kelopak mata bagian dalam).

Selanjutnya hordeolum eksterna, terjadi pada kelenjar zeis dan kelenjar moll. Benjolan nampak dari luar pada kulit kelopak mata bagian luar (palpebra). Saat sudah terjadi bintitan, lantas apa yang harus dilakukan?

Spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya (RSMU), Dr. Lydia Nuradianti, SpM memberikan solusi saat mata bintitan, berikut ini:

1. Hindari mengucek-ucek atau menekan mata bintitan

Biarkan bintitan pecah dengan sendirinya, kemudian bersihkan dengan kasa steril ketika keluar nanah atau cairan, lalu tutup mata pada saat membersihkan bintitan.

"Saat pengobatan sementara hentikan pemakaian makeup pada mata dan lepaskan lensa kontak," jelas Lydia.

2. Periksa ke dokter

 

Jika bintitan didiamkan tanpa mendapatkan penanganan apapun, lama kelamaan bintitan akan membesar dan pecah sendiri. Tetapi pecahnya bukan berarti telah sembuh, melainkan hanya bagian luarnya saja yang pecah, isinya tidak ikut keluar sehingga akan meninggalkan bekas yang menonjol pada bagian yang pecah tersebut.

 

"Bintitan yang sudah besar atau sudah menunjukkan fase abses setelah insisi (penyayatan) dianjurkan kontrol bila terjadi lebih dari seminggu agar benar-benar sembuh sempurna," terang Lydia.

Berbeda jika dilakukan insisi, karena prosesnya dilakukan melalui bagian dalam kelopak mata yang panjangnya hanya berkisar 1 hingga 2 mm, kemudian baru dilakukan kuretase yaitu pengeluaran isinya.

"Tindakan ini tidak meninbulkan bekas sehingga lebih bersih mengeluarkan isinya," jelas dokter sub spsesialis glaukoma RSMU ini

 

RSMU yang menjadi rumah sakit khusus mata di Surabaya dapat menjadi rujukan Anda untuk melakukan pemeriksaan mata agar bintitan bisa sembuh dan tidak kambuh lagi. 

 

3. Jaga Kebersihan

 

Lydia juga menambahkan, agar bintitan cepat sembuh dan tidak terjadi lagi harus menjaga kebersihan wajah dan membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, usap kelopak mata dengan lembut menggunakan lap hangat untuk membersihkan ekskresi kelenjar lemak.

 

Selain itu, jaga kebersihan peralatan makeup agar mata tidak terkontaminasi oleh kuman dan gunakan kacamata pelindung jika bepergian di daerah berdebu. "Sebelum menggunakan kontak lensa juga pastikan tangan sudah dibersihkan," imbuh Lydia.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 19:15 WIB

Ini Cara Deteksi Degenarasi Makula Secara Mandiri di Rumah

RS Mata Undaan

Ini Cara Deteksi Degenarasi Makula Secara Mandiri di Rumah

27 Nov 2020 11:40 WIB

Donor Kornea Tak Mengerikan Seperti yang Dibayangkan

RS Mata Undaan

CDC kakukan sosialisasi donor kornea kepada masyarakat.

26 Nov 2020 14:01 WIB

Pemeriksaan Rutin, Bisa Hindarkan Mata dari Ablasio Retina

RS Mata Undaan

Ablasio retina ini tidak dapat dilihat secara kasat mata dan tidak nyeri.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...