Tiga Faktor yang dapat Meningkatkan Resiko Kanker Tulang

24 Jul 2019 11:44 RS Adi Husada
RS Adi Husada Cancer Center

Sampai saat ini penyebab dari kanker memang belum diketahui pasti, termasuk faktor penyebab pasti terjadinya kanker tulang. Tetapi menurut Dr. Ulinta P. Pasaribu, Sp.Rad (K) Onk. Rad dari Adi Husada Cancer Center (AHCC) menuturkan, beberapa faktor yang dapat dikaitkan dengan peningkatkankan resiko terjadinya kanker tulang sudah ditemukan.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker tulang antara lain:

1. Sindrom genetik yang diturunkan

"Sindrom genetik langka tertentu yang diturunkan dari keluarga meningkatkan risiko kanker tulang, termasuk sindrom Li-Fraumeni dan retinoblastoma yang turun-temurun," ujar dokter spesialis radiologi dari AHCC ini

2. Penyakit tulang Paget

Ulinta P. Pasaribu mengatakan, penyakit tulang paget umumnya terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini dapat meningkatkan risiko kanker tulang nantinya.

Penyakit tulang Paget merupakan kondisi tidak normal yang mengganggu proses regenerasi tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mengalami deformitas (kelainan bentuk).

Risiko seseorang terkena penyakit Paget akan meningkat seiring bertambahnya usia. Dan juga faktorlainnya seperti keturunan dan jenis kelamin. 

3.Terapi radiasi untuk kanker 

Faktor resiko lainnya yang dapat meningkatkan terjadinya kanker tulang, tutur Ulinta P. Pasaribu ialah paparan radiasi dalam dosis besar. Paparan radiasi dalam dosis besar biasanya diberikan selama terapi radiasi untuk kanker. Terapi ini malah meningkatkan resiko kanker tulang di masa depan.

Saat ditanya apakah aktivitas fisik juga menjadi faktor resiko tulang kanker,  Ulinta P. Pasaribu menjelaskan, sangat jarang ditemukan kanker tulang yang terjadi karena faktor resiko aktivitas fisik. 

"Mayoritas ditemukan akibat 3 faktor utama di atas," tutupnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini