dr. Riza Kurniawan SpA (tengah) bersama para dokter RSIA Kendangsari Merr Surabaya. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

3 Faktor Penting Mempegaruhi Pertumbuhan Anak 1.000 Hari Pertama

Kesehatan 16 August 2019 11:55 WIB

Perkembangan dan pertumbuhan anak sangat penting diperhatikan terutama di 1.000 hari pertama kelahiran, atau biasa dikenal dengan golden age. Namun, beberapa orangtua terkadang kurang menyadari hal ini. Bahkan, ada beberapa orangtua yang bingung bagaimana melihat pertumbuhan anaknya apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum.

Dalam acara talkshow 'Pentingnya Menjaga Kesehatan Calon Bunda, Bunda dan Buah Hati', yang berlangsung di Grand City Mall and Convention Hall Surabaya, dokter spesialis anak dr. M. Riza Kurniawan, SpA dari RSIA Kendangsari Merr mengungkap bahwa, pada tumbuh kembang anak yang penting diperhatikan ialah motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan personal sosialnya.

Untuk menunjang tumbuh kembang sang anak tersebut, Riza Kurniawan menyebut ada tiga faktor yang harus diperhatikan dan dipahami oleh orangtua.

1. Nutrisi

Nutrisi yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah nutrisi sesuai kebutuhannya. Seperti, saat usia 0 sampai 6 bulan bayi hanya perlu ASI. Hanya dengan ASI maka kebutuhan mineral dan bayi sudah terpenuhi.

"Setelah enam bulan bayi perlu MPASI (Makanan Pendamping ASI), dimana tekturnya harus harus terus ditingkatkan sesuai usia bayi. Orangtua dituntut mengerti akan kebutuhan anaknya soal MPASI," ujar Riza Kurniawan.

Riza Kurniawan memberikan tips yakni saat MPASI pertama sebaiknya makanan yang diberikan pada anak dicampur dengan ASI. Hal ini dilakukan agar bayi tidak terlalu kaget dengan rasa baru yang dikecapnya karena sudah terbiasa minum ASI saja.

2. Stimulasi

Dalam tumbuh kembang anak, peran orangtua dalam stimulasi harus berjalan baik. Oleh karena itu, saat golden age sebaiknya anak lebih lama bersama orangtanya, terutama dengan sang ibu. 

Menurut Riza Kurniawan, stimulasi yang diberikan kepada anak adalah mengajaknya bicara, mengajarinya mengangkat kepala, mengajarinya berjalan, dan itu semua harus dilakukan orangtua.

"Karena bila stimulasi atau rangsangan tersebut sering diberikan anak juga akan lebih cepat terlatih dan pertumbuhannya akan maksimal. Ada bonding antara anak dengan orangtua, bukan pengasuhnya," sambung dokter. 

3. Genetik

Menurut Riza Kurniawan, faktor genetik juga penting dalam pertumbuhan anak. Kalau anaknya lambat bicara atau berjalan harus dicari tahu bagaimana masa kecil orangtuanya dahulu.

"Untuk itu bila memang ada faktor genetik yang mempegaruhi pertumbuhan anak dan itu dirasa kurang, maka kedua faktor yakni nutrisi dan stimulasi harus dimaksimalkan agar tidak terjadi hal yang sama," pungkasnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...