Dispendik Kota Surabaya Siapkan 29 Lokasi Tes TPA PPDB SMP

14 Jun 2019 23:42 Surabaya

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah siap untuk menggelar Tes Potensi Akademik (TPA) untuk proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri jalur zonasi kawasan.

Kepala Dispendik Kota Surabaya, Ikhsan, Jumat 14 Juni 2019 mengatakan ada 29 lokasi TPA yang disiapkan untuk tes dan tersebar di lima wilayah Surabaya Barat, Timur, Utara, Selatan dan Pusat.

"Hari ini kita siapkan lokasinya. Pada hari Minggu besok bagi orang tua atau peserta bisa melihat lokasinya biar tidak mendadak," katanya.

Ikhsan menjelaskan, setelah peserta melakukan registrasi pendaftaran pada laman www.ppdbsurabaya.net, mereka akan tahu lokasi ujian, nomor peserta, beserta tempat duduk ruang ujian yang bisa langsung diprint.

"Ujian akan dilaksanakan mulai hari Senin, 17 Juni 2019," katanya.

Menurut Tim TPA dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Nurul Hartini, tes TPA merupakan rangkaian terpenting untuk seleksi SMP masuk Sekolah Kawasan.

Karena dalam tes TPA itu ada tes kemampuan berfikir, kemampuan pemahaman dan penalaran yang merupakan unsur penting untuk kesuksesan dalam pendidikan formal di sekolah.

"Jumlah soal yang akan diujikan sebanyak 185, dengan durasi waktu 2 – 2,5 jam, meliputi kemampuan berfikir verbal (bahasa), kemampuan berfikir numerical (angka), dan kemampuan berfikir figural (gambar)," ujar Nurul.

Nurul mengimbau kepada orang tua maupun anak untuk tenang dan tidak menjadikan beban.

"Malam hari sebelum tes TPA, anak-anak sebaiknya tidak disuruh belajar, tapi dibuat istirahat, agar otak dan fisiknya lebih tenang," katanya.

Ia juga mengingatkan agar tak melupakan perlengkapan tes, seperti kartu peserta TPA, kartu UN, dan peralatan tulis (pensil 2B, rautan, penghapus, serta alas).

"Peserta saya sarankan agar datang lebih awal. Para orang tua saya harap juga tidak menunggu di lokasi ujian, lebih baik anak di-support dengan doa dari rumah," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Tim Teknis PPDB Surabaya dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), Dwi Sunaryono, bahwa secara teknis pelaksanaan tes TPA telah siap.

"Lokasi tes TPA itu dekat dengan domisili peserta kok. Jumlah pendaftar saat ini mencapai 8 ribu lebih. Kemungkinan jumlahnya akan meningkat sampai 9 ribuan," kata Dwi.

Dwi mengatakan hasil TPA akan diumumkan pada tanggal 18 Juni pukul 08.00 Wib melalui laman www.ppdbsurabaya.net. Untuk komposisi penilaian masuk SMP, 40 persen nilai USBN dan 60 persen hasil TPA. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini