Liga Champions 2019-202026 Tim Isi 4 Pot Liga Champions, Masih Ada 6 Slot Tersisa

21 Aug 2019 18:12 Liga Champions

Pembagian grup Liga Champions 2019-2020 akan dilakukan pada 29 Agustus 2019 di Monaco, Prancis. Total, 26 dari 32 klub telah memastikan diri lolos ke putaran final kompetisi kasta tertinggi di Eropa. Sementara delapan klub lagi masih berjuang melalui babak playoff.

Untuk pot satu diisi oleh pemenang enam liga top di Eropa. Sementara dua klub lainnya adalah pemenang Liga Champions (Liverpool) dan Liga Europa (Chelsea).  

Sementara pot kedua terdiri dari delapan tim dengan koefisien tertinggi UEFA layaknya Real Madrid, Atletico Madrid. Di pot ini masih ada satu slot tersisa yang akan diisi oleh Ajax Amsterdam atau Lyon. Wakil Belanda itu bakal melaju ke putaran final bila menang atas wakil Siprus, APOEL FC.

Pada leg pertama yang digelar pada Rabu 21 Agustus 2019 dini hari WIB tadi, Ajax bermain imbang 0-0 di kandang APOEL.  Jika Ajax menang pada leg kedua, 29 Agustus 2019 mendatang, mereka akan mengisi satu slot tersebut. Namun bila mereka kalah, tempatnya akan diisi oleh Lyon.

Untuk pot ketiga masih sama. Tim-tim yang akan masuk akan ditentukan dari koefisien UEFA, namun dengan koefisien yang lebih rendah. Sejauh ini, sudah ada empat tim yang menghuni pot tersebut. Selain Bayern Leverkusen, Red Bull Salzburg, Valencia, juga ada Inter Milan yang berada di pot ini. 

Grup Neraka

Ada kemungkinan tim-tim Spanyol dan Inggris akan berada di grup neraka saat pembagian grup dilakukan. Diketahui, dari 32 klub yang lolos ke putaran final akan dibagi menjadi delapan grup saat pengundian dilakukan.

Ada kemungkinan Barcelona akan berada satu grup dengan Tottenham, Inter Milan dan RB Leipzig. Sementara Real Madrid dan Atletico bisa ditempatkan di grup yang akan dihuni Liverpool, Bayer Leverkusen, dan Atalanta.

Jika ada klub yang menghuni grup neraka, bisa dipastikan ada beberapa klub yang diuntungkan karena masuk dalam grup yang dihuni klub non-unggulan. Klub tersebut adalah juara Premier League, Manchester City dan Bayern Munchen yang kemungkinan mendapatkan lawan ringan di fase grup.   

Pot 1:

Barcelona

Bayern Munchen

Juventus

Manchester City

PSG

Liverpool

Chelsea

Zenit Saint Petersburg

Pot 2:

Real Madrid

Atletico Madrid

Borussia Dortmund

Napoli

Shaktar Donetsk

Tottenham Hotspur

Benfica

 

Pot 3:

Bayern Leverkusen

Red Bull Salzburg

Valencia

Inter Milan

 

Pot 4:

Galatasaray

RB Leipzig

Atalanta

Lille

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini