25 Ribu Siswa Ikuti UTBK di Universitas Airlangga

05 Apr 2019 21:14 Pendidikan

Universitas Airlangga siap untuk menyelenggarakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2019. Seleksi itu kini dilakukan dengan ujian tulis berbasi komputer (UTBK) 13 April 2019 mendatang.

Akan ada dua gelombang pelaksanaan UTBK. Gelombang pertama akan diikuti oleh 13.856 peserta dan gelombang kedua sejumlah 11.996 peserta. Total 25.852 peserta yang mengikuti UTBK Unair 2019.

UTBK dilaksanakan dua sesi. Sesi pagi dan siang. Kemudian akan dilaksanakan secara berkala hingga akhir Mei 2019.

Menghadapi peserta dalam jumlah puluhan ribu itu Unair telah mempersiapkan SDM dan perangkat komputer yang akan digunakan untuk melaksanakan ujian. Total komputer disediakan Unair sejumlah 1.085 komputer.

"Kami sudah persiapkan semua server, Insya allah tidak ada masalah. Semua sudah kami cek," ujar Rektor Unair M. Nasih.

Nasih mengungkapkan, Unair juga bekerja sama dengan 4 Universitas di Surabaya.  Yakni Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Universitas Doktor Soetomo (Unitomo), Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya (STIESIA).

"Kami sudah siapkan semua, jadi kami harap para siswa yang akan mengikuti tes ini mempersiapkan diri sebaik-baiknya," tutup Nasih.

Tahun ini Unair membuka kuota penerimaan sebanyak 5.457 Mahasiswa dengan rincian 31% kuota untuk jalur SNMPTN, 40% untuk jalur SBMPTN, dan 29% untuk jalur Mandiri. (alf)

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini