Ilustrasi PNS (zuanzanuar/ngopibareng.id)

Ribuan PNS Pemprov akan Pensiun. Kapan Buka Lowongan?

Jawa Timur 04 July 2018 12:46 WIB

Sebanyak 2200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memasuki masa pensiun. Ini berarti akan ada ribuan kursi kosong yang ditinggal pegawai yang pensiun. Kekosongan ini bisa jadi akan berdampak negatif terhadap kinerja instansi karena kekurangan pegawai. Pertanyaanya, akan dibuka lowongan tenaga kerja baru?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Anom Surahno mengatakan memang akan ada kekosongan jabatan di beberapa sektor, mulai dari pegawai di dinas-dinas, tenaga kesehatan hingga tenaga pendidik. Hal ini sebagai akibat banyaknya pegawai yang pensiun.

Namun meski akan muncul kekosongan pegawai,  Anom masih belum bisa memastikan kapan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membuka rekrutmen baru menggantika pegawai yang pensiun. Hal ini lantaran ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan lebih dahulu, seperti anggaran hingga formasi.

"Ini dalam proses untuk menentukan kuota, pertimbangannya banyak. Di antaranya pendapatan dan anggaran, maka dari itu dibutuhkan formasi, formasi sudah kita kirimkan. Masih di proses di Menteri PAN-RB, prosesnya ini masih dibahas," ujar Anom.

Sementara itu, Anom juga membenarkan bahwa akan ada sekitar 2200 PNS yang akan pensiun di tahun ini. Dia juga memprediksi akan ada peningkatan menjadi 10.200 PNS yang pensiun di tahun 2020.

"Tahun ini yang pensiun sekitar 2.200-an. Kalau di tahun 2020 nanti jumlahnya akan meningkat menjadi 10.200-an," sambungnya.

Dari 2200 pegawai yang mencapai massa pensiun di tahun ini, Anom membeberkan tenaga tersebut di dominasi dari pengajar dan tenaga kesehatan. "Kalau formasi itu macem-macem paling banyak pensiun itu guru dan tenaga kesehatan," katanya. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 16:55 WIB

Angka Kesembuhan Jatim Tinggi, Satgas Jelaskan Sebabnya

Jawa Timur

Pasien sembuh dengan gejala ringan dominasi catatan kesembuhan.

07 Aug 2020 15:05 WIB

Pesan Emil Dardak pada Mahasiswa KKN Saat Pandemi

Jawa Timur

Mahasiswa KKN diminta jaga kesehatan dan ikut mengedukasi masyarakat.

06 Aug 2020 21:58 WIB

Survei SMRC: Tingkat PHK Jatim Terendah se-Pulau Jawa

Jawa Timur

Tingkat pemutusan hubungan kerja (PHK) Jatim terendah se-Pulau Jawa.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...