#2019PilpresCeria Ngopibareng.id Forum, Upaya Menjaga Akal Sehat

17 Sep 2018 12:12 Surabaya

Media online ngopibareng.id selenggarakan ngopibareng.id Forum Seminar dengan tema #2019PilpresCeria, Senin 17 September 2018. Acara ini diselenggarakan di Caesar Palace, Hotel Garden Palace, Surabaya.

Beberapa narasumber yang hadir dalam seminar ini yaitu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, pengamat ekonomi Faisal Basri. Ada pula Ustadz Yusuf Mansur, sedangkan sebagai moderator adalah akademisi dari Universitas Brawijaya, Malang, Faishal Aminuddin.

Acara ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Dalam sambutannya Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf, berharap keguyuban yang terjadi di Pilkada Jatim 2018, bisa menular ke Pilpres 2019 mendatang.

"Alhamdulillah pilkada serentak lancar. Alhamdulillah terkendali. Pertarungannya kita lihat dan memang begitu keras tapi kita memaklumi. Nah, kita ingin pilpres dan pileg ini juga lancar. Atas keinginan seperti itulah, maka tercetus acara ini," kata Gus Ipul, saat memberi sambutan.

Maka kata dia, lewat acara ini meskipun beberapa pihak dan masyarakat telah menentukan pilihan pada pilpres 2019 mendatang, tapi harus diingat juga bahwa ada baiknya juga jika dalam melewati proses ini masyarakat bisa melakukannya dengan ceria.

"Ada yang sudah menentukan, ada juga yang perlu waktu. Mungkin perenungan dan penentuan. Tapi yang terpenting adalah proses ini bisa dilalui dengan ceria berdasarkan informasi yang benar pula," ujar dia.

Sementara itu, penyelenggara forum ini sekaligus CEO ngopibareng.id, Arif Afandi mengatakan melalui forum-forum seperti ini ngopibareng.id ingin berkontribusi menjaga akal sehat masyarakat di tengah derasnya perseteruan di tahun politik.

"Secara jurnalisme, komitmennya jelas. Kami ini orang daerah dan kami ingin desentralisasi di Indonesia yang terjadi sejak 2001 terus berjalan. Secara jurnalisme, dan melalui forum ini juga, kami ingin untuk terus menerus menjaga budaya akal sehat," tambah dia.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, seminar masih terus berlangsung. Dalam acara ini tak hanya berisi paparan dan tanya jawab kepada narasumber. Seminar ini bertambah meriah dengan kehadiran artis senior Soendari Soekotjo yang menghibur peserta seminar. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini