Keluarga Sule. foto: instagram/ferdinan_sule.

20 Tahun Perjalanan Cinta Sule-Lina Berujung Cerai

09 May 2018 15:10

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Nama komedian Sule melambung saat dirinya berperan di acara Opera van Java (OVJ) di Trans7. Sule memulai karier pada tahun 2005 dengan mengikuti ajang pencarian bakat Audisi Pelawak Indonesia (API). Ia tergabung dalam grup lawak SOS bersama dengan dua rekannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin. Kini, pria yang memiliki nama asli Sutisna lebih dikenal sebagai pembawa acara Ini Talkshow bersama sahabatnya Andre Taulany.

Dibalik kesuksesannya di dunia hiburan, Sule memiliki seorang istri bernama Lina yang menjadi saksi perjalanan karier Sule dan selalu mendukungnya mulai dari nol hingga dirinya menjadi komedian papan atas Indonesia.

20 tahun sudah mereka menjalani bahtera rumah tangga, namun kini keduanya memutuskan untuk bercerai. Lina menggugat cerai Sule di Pengadilan Agama Cimahi, Bandung, Jawa Barat sejak 26 April 2018.

Isu keretakan rumah tangga pemain film Hong Kong Kasarung itu ternyata sudah berembus sejak 6 tahun lalu. Lantas, seperti apa perjalanan cinta pasangan yang menikah sejak lulus SMA ini?

Sule dan Lina saat remaja (kiri). foto: instagram/ferdinan_sule.

 

Menikah Usia 19 Tahun

Sule dan Lina ternyata sudah memiliki kedekatan sejak SMA di Bandung. Mereka pernah duduk semeja kala SMA. Tak perlu berlama-lama menjalin asmara dengan sang pujaan hati, Sule akhirnya memberanikan diri untuk menikahkan Lina pada 19 Februari 1998 di usia 19 tahun.

Saat itu, Sule pun hanya mampu memberikan maskawin kepada sang istri berupa uang tunai Rp 50 ribu. Kemudian, uang tersebut dipinjamnya lagi untuk keperluan pernikahan.

 

Tinggal di Kontrakan

Memutuskan untuk menikah muda, membuat Sule dan Lina harus berani menghadapi kenyataan hidup. Mereka hidup serba pas-pasan. Keduanya pun tinggal di rumah petakan. Sebagai seorang istri, Lina pun menerima semua kekurangan yang dimiliki Sule pada saat itu.

 

Berdagang untuk Penuhi Kebutuhan Hidup

Untuk memenuhi segala kebutuhan keluarganya, pemain film Sule, Ay Need You itu berdagang jagung rebus hingga ayam goreng. Lina selalu mendukung karier sang suami dan setia mendampingi jatuh bangun perjalanan kariernya.

 

Penghasilan dari Rp 20 Ribu hingga miliaran

Bakat melawak Sule ini berasal dari ayahnya, Dodo Mulyana, yang penjual bakso keliling. Ayahnya selalu membanyol dan membuat para pembeli baksonya tertawa. Awal mula menjadi komedian, Sule hanya diberikan upah sebesar Rp 20 ribu. Meski begitu, Sule dan Lina tetap mensyukuri uang yang mereka peroleh.

Tahun 2005, Sule bersama dengan kedua rekannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin, mengikuti audisi pelawak. Grup yang mereka namakan SOS itu menjadi pemenang kompetisi tersebut. Sule termasuk salah satu komedian yanag memiliki karakter melucu yang kuat dan unik. Logat Sunda menjadi ciri khas dirinya saat berbicara.

Karier Sule semakin meningkat saat dirinya bergabung dalam acara OVJ. Dari acara itu, Sule memperoleh penghasilkan Rp 50 juta.

Lima tahun meniti karier di tempat yang sudah melambungkan namanya itu, pada 28 April 2014, Sule memutuskan untuk mengundurkan diri dari OVJ. Kini, Sule dikenal sebagai pembawa acara Ini Talkshow bersama sahabatnya Andre Taulany.

Mencari nafkah di Ibu Kota Jakarta, membuat Sule harus meninggalkan Lina di Bandung. Sule pun kerap bolak-balik Jakarta-Bandung untuk menemui keluarganya.

 

Cerai

Enam tahun lalu, tepatnya pada awal Februari 2012, Lina sempat dikabarkan menggugat cerai Sule. Namun, hal itu buru-buru dibantah oleh orangtua penyanyi Rizky Febrian itu. Kini, Lina kembali dikabarkan menggugat cerai Sule di Pengadilan Agama Cimahi, Jawa Barat sejak 26 April 2018.

Sidang cerai perdana mereka akan digelar pada 7 Juni 2018 mendatang. Gugatan cerai tersebut terdaftar dengan nomor 3660/Pdt.G/2018/PA.Cmi. (*)