Presiden Perancis, Emannuel Macron (kanan) dan Presiden Chile, Sebastian Pinera dalam konferensi pers KTT G7 di Biarritz, Perancis, 26 Agustus 2019. (Foto: voa)

20 Juta Dolar AS Bantu Kawasan Amazon, Ini Janji Negara-Negara G7

Internasional 27 August 2019 01:13 WIB

Negara-negara G7 telah menyetujui dana 20 juta dolar AS (USD) yang segera disediakan untuk membantu negara-negara di kawasan Amazon memerangi kebakaran hutan dan meluncurkan prakarsa global jangka panjang untuk melindungi hutan tropis.

Pengumuman itu disampaikan oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron, tuan rumah pertemuan para pemimpin negara-negara anggota G7 tahun ini, dan Presiden Chili Sebastian Pinera.

Macron mengatakan, Amazon merupakan “paru-paru” planet bumi. Menyadari hal itu, para pemimpin dunia sedang mempelajari kemungkinan dukungan serupa di Afrika, yang juga menderita kebakaran di hutan tropisnya.

Macron mengatakan Amerika mendukung inisiatif tersebut, meskipun ia mengakui bahwa Presiden Amerika Donald Trump tidak menghadiri pertemuan kerja mengenai lingkungan hari Senin 26 Agustus 2019.

Satelit telah mencatat lebih dari 41.000 kebakaran di wilayah Amazon sejauh ini pada tahun ini, dan lebih dari setengahnya terjadi pada bulan Agustus ini. Para ahli mengatakan sebagian besar kebakaran terjadi ketika petani atau peternak membuka lahan pertanian dengan melakukan pembakaran. (voa)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 09:39 WIB

Film Forbidden Kingdom: Misi Menjaga Tongkat Emas Raja Kera

Film

Misi menjaga tongkat emas di film Forbidden Kingdom.

09 Aug 2020 08:47 WIB

Film The Last Airbender: Perjuangan Avatar Menjaga Kedamaian

Film

Avatar menjaga kedamaian.

09 Aug 2020 03:00 WIB

Pamekasan Tekan Kerdil Pada Anak dengan Makan Ikan

Jawa Timur

Perbanyak makan ikan laut bisa menurunkan kekerdilan pada anak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...