Pasien corona sembuh di Pasuruan dibolehkan pulang. (Foto: Dok Humas)

2 Pasien Covid-19 Sembuh, Bupati Pasuruan Imbau Tetap Hati-hati

Ngopibareng Pasuruan 29 June 2020 23:44 WIB

Dua warga Kecamatan Gempol dan Purwosari, Kabupaten Pasuruan dinyatakan sembuh dari Covid-19. Mereka terdiri dari 1 orang laki-laki (28) dari Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol dan 1 perempuan (22) dari Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menjelaskan, untuk warga Gempol merupakan pasien dengan nomor kasus 107 yang dinyatakan Positif Covid-19 sejak 9 Juni 2020. Ia tertular virus corona dari pasien terkonfirmasi Covid-19 cluster Kuwung, Gempol.

Sedangkan warga Purwosari adalah pasien dengan nomor kasus 117 yang dinyatakan Positif Covid-19 sejak 10 juni lalu. Yang bersangkutan tertular dari kedua orang tuanya yang juga terkonfirmasi Covid-19 sejak 3 Juni lalu.

"Kalau yang Purwosari berasal dari cluster perusahaan rokok di Purwosari. Sebelumnya orang tua nya yang tertular, kemudian anaknya. Dan Alhamdulillah sudah sembuh dan boleh pulang kemarin," kata Irsyad, Senin, 29 Juni 2020.

Dengan tambahan dua orang yang sembuh, maka total ada 70 warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan bebas Covid-19. Terhadap seluruh warga yang sembuh dari Covid-19, Bupati Irsyad mengimbau agar selalu disiplin dalam menjaga kebersihan dan kesehatan selama menghadapi wabah virus corona.

"Bukan berarti sembuh kemudian tak bisa terpapar lagi. Virus ini terus bermutasi. Jadi kunci untuk terhindar adalah disiplin dalam segala hal. Disiplin untuk rajin mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin, pakai masker kalau keluar rumah, dan melaksanakan seluruh anjuran pemerintah," katanya.

Lebih lanjut, Irsyad meyakini bahwa jumlah warga yang akan sembuh dari Covid-19 akan terus bertambah dengan sangat cepat. Hal itu dikarenakan pola pikir warga yang sudah bisa memahami bahwa imunitas tubuh dan pola pikir harus selalu dijaga dengan sebaik-baiknya.

"Jangan sampai karena kita tanpa gejala, kemudian dinyatakan positif Covid-19 kemudian stress. Bismillah, semuanya bisa dilewati dengan sangat cepat, karena petugas juga sudah memberikan banyak suntikan semangat untuk bagaimana bisa melawan virus ini. Menjaga imunitas tubuh dengan pola pikir yang tenang," katanya.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...