Pansel Capim KPK periode 2019-2023 melakukan konferensi pers terkait 192 pendaftar lulus seleksi administrasi di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019. (Foto: Antara)

192 Pendaftar Capim KPK Lolos Seleksi Administrasi

Korupsi 11 July 2019 16:55 WIB

Panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan proses seleksi administratif terhadap para pendaftar Capim KPK periode 2019-2023. Dari 376 orang pendaftar, Pansel Capim KPK meluluskan 192 orang yang dinyatakan lolos pada tahap uji administrasi.

"192 orang dinyatakan lulus pada tahap uji kompetensi,” kata Ketua Pansel Capim KPK, Yenti Ganarsih di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis 11 Juli 2019.

Para peserta yang lulus proses seleksi administrasi diumumkan melalui website Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id. Menurutnya, mereka yang lulus uji administrasi diwajibkan mengikuti tes uji kompetensi yang akan diselenggarakan pada Kamis, 18 Juli 2019 mendatang. "Tes uji kompetensi itu meliputi objective test dan penulisan makalah," kata Yenti.

Yenti menjelaskan, pada tahapan proses seleksi administrasi pihaknya mengacu pada Undang-Undang. Jadi proses seleksi dilakukan secara objektif.

"Mengacu sesuai dengan Undang-Undang, kami lihat berkas administratif ada beberapa yang tidak pakai format di dalam berkas tersebut. Kemudian juga masalah pekerjaan 15 tahun dalam bidang hukum, perbankan maupun auditor," kata Yenti.

Dari daftar nama-nama pendaftar yang lulus uji administrasi, sembilan perwira tinggi Polri yang ikut proses seleksi dinyatakan lolos oleh Pansel Capim KPK. Mereka di antaranya, Wakabareskrim Polri Irjen Pol Antam Novambar, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber Sandi Negara (BSSN) Irjen Pol Dharma Pongrekun, dan Widyaiswara Utama Sespim Polri Irjen Pol Coki Manurung.

Selain itu, Analisis Kebijakan Utama bidang Polair Baharkam Polri Irjen Pol Abdul Gofur, Penugasan pada Kemenakertrans Brigjen Pol Muhammad Iwandi Hari, Widyaiswara Lemdiklat Polri Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, Analis Kebijakan Utama bidang Bindiklat Lemdiklat Polri Brigjen Pol Juansih, Karosunluhkum Divkum Polri Brigjen Pol Agung Makbul, dan Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Pol Sri Handayani.

Tak hanya itu, tiga orang pimpinan KPK yang juga kembali mendaftar pada periode selanjutnya yakni Laode M Syarief, Basaria Panjaitan, dan Alexander Marwata dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Selanjutnya ada juga purnawirawan Polri yang mendaftar juga lolos seleksi administrasi. Mereka adalah mantan Kabareskrim Polri, Komjen (Purnawirawan) Anang Iskandar, mantan Kapolda Papua yang kini menjadi komisioner Kompolnas Yotje Mende, Mantan Analis Kebijakan Utama bidang Kurikulum Rokurlum Lemdiklat Polri Irjen Pol Purn Hengkie Kaluara, dan mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Purn Drs Yovianes Mahar

Lebih jauh, Yenti menyampaikan Pansel Capim KPK mengharapkan masukan secara tertulis dari masyarakat terhadap nama-nama pendaftar Capim KPK masa jabatan 2019-2023. "Masukan dapat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi sejak 11 Juli hingga 11 September 2019," ujar Yenti. (wit/ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Dec 2019 09:17 WIB

25 Tahun Geliat Jalur Pantai Selatan Jateng

Feature

Infrastruktur Lintas Pantai Selatan membuat jalur di kawasan itu tumbuh pesat.

12 Sep 2019 12:32 WIB

Isi Surat Rahasia KPK Untuk Komisi III DPR

Korupsi

Surat KPK diperuntukkan untuk dua capim KPK Firli Bahuri dan Johanis Tanak.

12 Sep 2019 11:43 WIB

Kiai Said: Komposisi Pimpinan KPK Harus Proporsional

Nasional

Proporsional menjadi aspek yang penting dalam kepemimpinan KPK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.