Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak ketika menyerahkan SK pengangkatan CPNS Jatim formasi 2019. (Foto: Istimewa)

1.812 CPNS Jatim Resmi Diangkat, 22 di Antaranya Disabilitas

25 Jan 2021 23:10

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengangkatan kepada 1.812 CPNS formasi 2019 di lingkungan pemerintah provinsi.

Penyerahan SK secara simbolis tersebut dilakukan di Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan Surabaya dengan menerapkan protokol kesehatan dan peserta simbolis hanya 22 orang, karena pandemi Covid-19 yang belum usai.

Emil berharap agar CPNS menjadi pemantik semangat ke depan. “Tadi ada yang mengatakan siap mengarungi ombak untuk mencerdaskan bangsa. Jadi, itu jangan hanya menjadi slogan, tapi diresapi betul bahwa kesempatan menjadi abdi negara ini adalah ladang pahala,” kata Emil, Senin 25 Januari 2021.

Formasi CPNS Jatim sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Emil menyebut CPNS tahun ini paling banyak di Jatim meliputi tenaga pendidikan yang tersebar di lembaga SMA/SMK Jatim. Di peringkat kedua adalah bidang kesehatan dan ketiga di teknis.

Selain itu, Emil menyampaikan ada CPNS yang dari kaum Disabilitas yang diangkat pada formasi 2019 kali ini. Mereka akan bertugas di SLB. “Untuk disabilitas ada 22 orang, dan salah satunya menerima secara simbolis. Jadi, mereka guru yang akan memperkuat di SLB,” katanya.