Sebanyak 17 klub beri dukungan pada La Liga agar menghiraukan larangan RFEF terkait jadwal laga Senin dan Jumat. (Ilustrasi: Twitter/@LaLiga)
Sebanyak 17 klub beri dukungan pada La Liga agar menghiraukan larangan RFEF terkait jadwal laga Senin dan Jumat. (Ilustrasi: Twitter/@LaLiga)

17 Klub La Liga Sepakat Menentang Presiden Sepak Bola Spanyol

Ngopibareng.id Liga Spanyol 02 August 2019 11:12 WIB

Sebanyak 17 klub La Liga memberikan dukungan pada La Liga untuk menentang keputusan Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, yang melarang adanya pertandingan pada hari Jumat dan Senin, setelah melakukan pertemuan pada Kamis 1 Agustus 2019 waktu setempat.

Klub-klub itu tetap menyerukan operator kompetisi untuk menjalankan rencananya menggelar pertandingan di hari Jumat dan Senin meski RFEF melarangnya. Pasalnya, dari sisi bisnis akan merugikan mereka jika slot di hari itu tidak diisi pertandingan.

 

Hal ini berkaitan dengan kontrak siaran langsung stasiun televisi yang telah disepakati. Sebab, besar kemungkinan pihak broadcasting partner akan menjatuhkan penalti bila La Liga dianggap melanggar klausul kontrak yang sudah ditandatangani.  

 

Dukungan 17 klub La Liga ini, kecuali Real Madrid, Atletico Madrid dan Barcelona yang tidak hadir dalam pertemuan ini, menentang pernyataan Luis Rubiales baru-baru ini. Dimana ia telah mengeluarkan larangan terkait penjadwalan yang dirilis La Liga tersebut.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Luis juga menyatakan kegeramannya melalui cuitan di Twitter.

"RFEF tidak memberikan kuasa pada La Liga untuk menggelar pertandingan pada Jumat (tanpa persetujuan) dan hari Senin," kata Luis Rubiales.

"Kami mempertahankan posisi kami: tidak akan ada sepak bola pada hari Senin," imbuhnya sambil menyertakan foto pendukung klub yang memprotes pertandingan digelar pada hari Senin.

Rubiales pada Maret lalu menjanjikan untuk menghentikan pertandingan di liga, yang dimainkan pada hari Senin serta merencanakan diskusi perihal laga yang dimainkan pada hari Jumat.

Namun, jadwal pertandingan musim ini yang sudah dirilis pengelola LFP pada pekan ini masih menyertakan pertandingan pada hari Senin, pada 19 Agustus, dan beberapa laga lain yang dimainkan pada Senin.

Rubiales menuduh bos La Liga, Javier Tebas, merusak pertemuan dengan Dewan Olahraga Nasional yang dijadwalkan pada 17 Juli dengan merilis jadwal terlebih dulu.

Pertandingan yang dimainkan pada awal pekan memancing protes luas dari kalangan suporter pada musim lalu, yang berakibat kosongnya beberapa stadion.

Tak hanya di Spanyol, jadwal pertandingan pada hari Senin juga memicu kecaman fan di Jerman saat hal ini diperkenalkan tahun lalu. Hal ini memaksa Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) memutuskan untuk melarang adanya pertandingan di hari Senin, terlepas kesepakatan siaran langsung saat ini dengan stasiun televisi, baru berakhir pada Juni 2021.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Nov 2020 05:54 WIB

Barcelona Tersungkur di Markas Atletico

Liga Spanyol

Satu gol Ferreira Carrasco tak mampu dibalas Lionel Messi dkk.

22 Nov 2020 02:02 WIB

Real Madrid Tertahan di Markas Villareal

Liga Spanyol

Madrid hanya berbagi angka satu dengan Villareal.

21 Nov 2020 11:39 WIB

Prediksi Atletico vs Barcelona: Blaugrana Dibayangi Perpecahan

Liga Spanyol

Kekompakan Barcelona diuji.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...