16 Hari Hutan Amazon Kebakaran, Leonardo DiCaprio Prihatin

24 Aug 2019 12:48 Internasional

Hutan hujan Amazon di Amerika Selatan terbakar. Kebakaran hutan ini disebut sebagai kebakaran hutan paling parah dalam sejarah. Menurut The National Institute for Space Research (Inpe), Hutan Amazon terbakar seluas satu setengah lapangan sepakbola setiap menitnya.

Dilansir dari Sciencealret.com, Jumat 23 Agustus 2019, ada ribuan titik api yang membakar hutan hujan Amazon, termasuk membakar vegetasi tropis, pohon, dan fauna yang tinggal di sana. Sejak 15 Agustus, lebih dari 9.500 kebakaran hutan baru telah dimulai di seluruh Brasil, terutama di lembah Amazon.

Sejauh ini, para ilmuwan telah mencatat bahwa terjadi lebih dari 74.000 kebakaran di Brasil. Itu hampir dua kali lipat lebih banyak dari tahun 2018, yakni sekitar 40.000 kebakaran.

Bahkan saking parahnya, asap kebakaran menyebabkan kota Sao Paulo menjadi gelap.
Dilansir BBC, hal tersebut terjadi setelah angin kencang membawa asap kebakaran hutan di daerah Amazonas dan Rondonia hingga 2.700 km jauhnya di Brasil.

Hutan Amazon dikenal sebagai paru-paru dunia yang menyuplai 20 persen oksigen di bumi. Meski hutan ini memiliki peran penting bagi manusia, sebagian netizen merasa perhatian media atas musibah ini masih minim.

Tak heran, muncul desakan agar media dan masyarakat dunia lebih menyorot soal kebakaran hutan Amazon dengan lebih serius. Salah satunya datang dari aktor Hollywood, Leonardo DiCaprio.

Di Instagram pribadinya, Leonardo DiCaprio mengunggah ulang posting-an dari seorang aktivis lingkungan Nick Rose berupa foto hutan yang tengah terbakar.

Menurut pasangan Kate Winslet di film Titanic itu, Hutan Amazon merupakan rumah bagi 1 juta penduduk dan 3 juta spesies hewan dan tumbuhan. Di tahun ini, setidaknya ada 74 ribu kebakaran yang terjadi di sana. "Peningkatan mengejutkan sebesar 84 persen dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Leonardo DiCaprio pun menyarankan kepada seluruh masyarakat, mengubah gaya hidup menjadi ramah lingkungan. "Membeli produk ramah lingkungan dan mengurangi atau menggunakan kembali kertas adalah cara yang baik untuk memulai," tuturnya.

Aktor berusia 44 tahun itu juga merasa aneh karena selama 16 hari terbakar, media di seluruh dunia tidak secara besar-besaran dalam memberitakan.

“Menakutkan untuk berpikir bahwa Hutan Amazon merupakan hutan hujan terbesar di planet ini, yang memproduksi 20 persen oksigen di dunia dan merupakan paru-paru dunia, terbakar selama 16 hari TANPA diberitakan dunia! Kenapa?" tulis Lenordo dalam foto yang diunggahnya.

Unggahan itu kemudian mendapat respons dari Lindsay Lohan. LiLo menulis, "Gimana caranya? Aksi bicara lebih keras daripada kata-kata, kawanku," tulisnya.

Seolah ingin menjawab komentar Lindsay Lohan, Leonardo DiCaprio kemudian mengunggah lagi foto kebakaran Hutan Amazon dan menyerukan ajakan untuk bisa membantu masalah ini.

"Amazon butuh lebih dari sekadar doa kita. Apa yang bisa kalian lakukan? Sebagai respons darurat, berdonasilah ke grup Amazon yang bekerja untuk membela hutan ini," tulis Leonardo DiCaprio, mengungkap satu dari 5 cara yang dianjurkannya untuk membantu Hutan Amazon.

Kendal Jenner mengunggah sejumlah foto via Insta Story, salah satunya bertuliskan, "Paru-paru kita terbakar!!!"

Demi Lovato, Jaden Smith, Cody Simpson, Jameela Jamil, John Cusack, dan beberapa artis lain, juga menyuarakan keprihatinan atas kebakaran Hutan Amazon.

Kebakaran hutan sering terjadi di Brasil selama tahun ini, yang cenderung lebih dingin dan kering. Tetapi jumlah yang sekarang berkobar di Amazon sangat tinggi. Meskipun kebakaran adalah kejadian biasa dan alami selama musim kemarau pada tahun ini, para pencinta lingkungan menyalahkan kenaikan tajam pada petani yang membuka lahan baru.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini